WhatsApp akan serahkan data nomor HP pengguna ke Facebook

Ilustrasi WhatsApp. (Reuters)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Aplikasi pesan instan WhatsApp akan mulai berbagi data nomor telepon seluler dengan induk usahanya, Facebook, yang menandai perubahan kebijakan privasi mereka.

Ketika Facebook membeli WhatsApp pada 2014 silam, pendiri dan CEO WhatsApp Jan Koum, bersumpah akan melindungi data penggunanya. Ia juga menambahkan kesepakatan itu tidak akan memengaruhi kebijakan privasi.

Nyatanya janji itu dilanggar sendiri oleh WhatsApp yang terpaksa mengubah kebijakan privasinya setelah empat tahun mereka tak mengalami perubahan.

Data nomor telepon seluler yang diserahkan WhatsApp ini akan menguntungkan bagi bisnis iklan Facebook. Menurut sebuah publikasi di blog resmi perusahaan, data itu akan dimanfaatkan untuk iklan dan memberi rekomendasi konten yang lebih relevan kepada pengguna Facebook.

WhatsApp berupaya meyakinkan pengguna untuk tidak menjual, berbagi, atau memberi nomor telepon pengguna untuk pengiklan pihak ketiga.

“Keyakinan kami atas nilai komunikasi pribadi tidak tergoyahkan,” tulis WhatsApp dalam sebuah publikasi resminya.

Kendati demikian, WhatsApp masih memberi pilihan kepada pengguna yang tidak mau berbagi informasi akunnya dengan Facebook.

Seorang pengguna WhatsApp bernama Mindy McAdamas, menilai di media sosial Twitter, bahwa ia kecewa dengan langkah yang diambil WhatsApp dan berencana untuk menghapus akun Facebook.

“Nomor telepon? Tidak! Saya tidak sepakat. Saya mungkin perlu menghapus akun Facebook. Ini tidak bercanda,” tulisnya.

WhatsApp saat ini merupakan layanan pesan instan terpopuler di dunia dengan jumlah pengguna mencapai 1 miliar. Begitu juga dengan Facebook yang menguasai pasar jejaring sosial dengan 1,6 miliar pengguna. [CNN Indonesia]

Related posts