Sambut Lebaran Idul Adha, Bulog Meulaboh gelar pasar murah

Ilustrasi pasar murah. (Viva)

Meulaboh (KANALACEH.COM) – Perum Bulog Sub Divre Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat menggelar pasar murah guna membantu masyarakat menghadapi Lebaran Idul Adha 1437 Hijriah.

Kepala Bulog Meulaboh, Hardiman Hasan mengatakan, upaya ini untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan kebutuhan pokok.

“Sejauh ini harga kebutuhan pokok relatif stabil, operasi pasar ini untuk mengantisipasi kenaikan harga barang. Pada prinsipnya secara berkelanjutan, bukan hanya momen tertentu,” ujarnya di Meulaboh, Selasa (30/8).

Apabila terjadi kenaikan harga berbagai jenis komoditi bahan pangan, lanjutnya, melalui pasar murah dapat membantu masyarakat mendapatkan barang dengan harga terjangkau, namun Bulog Meulaboh masih terbatas dalam menjual produk.

Sejak dua pekan terakhir pihaknya mengadakan pasar murah, khusus menjual gula pasir dengan harga terjangkau, karena gula sempat mengalami kenaikan hingga Rp20.000/kg, kondisi di pasar hingga kini masih bertahan Rp16.000/kg.

Untuk itu pihaknya melakukan operasi pasar murah di sejumlah titik lokasi Meulaboh, bahkan di arena pameran Pekan Kebudayaan Aceh Barat (PKAB), Bulog menjual sejumlah bahan pokok dengan harga di bawah harga pasar.

“Iya, kita juga ada rekanan atau Rumah Pangan Kita namanya, mereka kontrak kerja menjual produk dari kita dengan harga penjualan sesuai kesepatakan. Untuk sementara ini produk yang kita jual masih satu, yakni gula pasir,” jelasnya.

Menurutnya, pihaknya juga merangkul rekanan dari toko-toko penjualan aneka bahan pangan dengan mengikat kerja sama, tidak menjual harga barang tertentu di atas ketetapan pemerintah, dalam hal ini ditetapkan oleh Perum Bulog.

Menyambut lebaran Idul Adha 1437 Hijriah merupakan momen penting bagi masyarakat Aceh, biasanya kebutuhan akan bahan pangan cukup tinggi, apabila pasokan barang terbatas maka harga jenis pangan tertentu mengalami kenaikan. [Antaranews]

Related posts