Cawalkot Langsa saling klaim sudah diusung parnas

Polisi minta satgas paslon jangan di TPS
Ilustrasi pilkada. (Merdeka)

Langsa (KANALACEH.COM) – Masing-masing balon Wali Kota Langsa termasuk wali kota petahana mengklaim sudah didukung dan malah diusung oleh salah satu partai politik nasional.

Menjelang pendaftaran ke Komisi Independen Pemilihan (KIP), masing-masing kubu cawalkot mengklaim bahwa pihaknya telah didukung partai tertentu.

Kendatipun paslon Petahana yang sudah pasti maju, Usman Abdullah dan Marzuki Hamid yang kembali maju diusung Partai Aceh, yang pada deklarasi, Senin (29/8) lalu di Lapangan Merdeka Langsa, Ketua DPC Partai Gerindra Langsa, Abdurrahman Puteh membacakan pernyataan dukungan parnas.

Di mimbar deklarasi PA, Abdurrahman menyatakan, selain Partai Gerindra sebagai parnas pendukung usungan paslon PA ini, selanjutnya PPP, PKPI dan PKS, kemudian menyusul pernyataan yang diklaim telah mendukung pasangan petahana ini termasuk Partai Hanura, Nasdem dan didukung 4 DPC PAN kecamatan.

Sementara DPP Partai Golkar sendiri melalui media lokal sudah merilis calon yang diusungnya pada Pilkada 2017 mendatang, salah satu di antaranya paslon Wali Kota Langsa dari Partai Golkar, Yuniar (Golkar) dan Heldiansyah Z Mard (PAN).

Dan H Jauhari Amin balon wali kota ini diisukan bakal diusung partai nasional yakni Partai Golkar, Demokrat, Nasdem dan PDIP.

Lain lagi dengan kubu balon wali kota Langsa Fazlon Hasan yang dikabarkan bakal diusung Partai Hanura dan PKS.

Komisioner KIP Divisi Keuangan dan Logistik Kota Langsa, Ngatiman menjelaskan, jika merujuk ke aturan UUPA No.11 tahun 2006, pasal 91 tentang syarat pencalonan kepala daerah dari partai politik atau gabungan partai politik adalah 15 persen dari jumlah kursi atau 15 persen dari suara pemilih yang sah atau 4 dari 25 kursi di DPRK Langsa.

Dan untuk pendaftaran paslon Wali Kota Langsa yang diusung dari partai politik maupun gabungan partai politik kalau tidak ada perubahan dijadwalkan pendaftarannya pada 21 Septembar 2016 dan ditutup 23 September 2016.

Sementara PA yang memiliki 6 kursi telah mengusung paslon Wali Kota petahana Langsa, Usman Abdullah dan Marzuki Hamid berserta partai pendukung lainnya yaitu Gerindra 2 kursi, PPP dan PKPI tidak memiliki kursi, PKS 2 kursi, Hanura 3 kursi dan Partai Nasdem 2 kursi.

Sedangkan Partai Golkar Langsa yang memiliki 4 kursi di DPRK setempat, telah mengusung calonnya Yuniar berpasangan dengan Heldiansyah Z Mard dari PAN yang memiliki 1 kursi.

Dari 25 kursi yang ada di DPRK Langsa, hanya tinggal 5 kursi yaitu Partai Demokrat memiliki 3 kursi dan PDIP 2 kursi. [Erza]

Related posts