Pastikan daging sehat dan layak konsumsi, Puluhan Panitia Qurban diberikan Penyuluhan

--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Puluhan panitia qurban Idul Adha dari gampong-gampong di Banda Aceh dan Aceh Besar mengikuti pelatihan monitoring dan pemeriksaan hewan qurban di Aula Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Provinsi Aceh, Sabtu (3/9).

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Himpunan Mahasiswa Pecinta Hewan Besar dan Ruminansia (Himpharsia) Unsyiah dengan Perhimpunan Doker Hewan Indonesia (PDHI).

Ketua panitia acara dari Himpharsia Unsyiah, Sayidul Akram mengatakan pihaknya mengundang 24 panitia qurban dari gampong-gampong yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar agar mendapatkan pengetahuan dan keterampilan melakukan pemeriksaan hewan qurban, baik dari sisi teknis kesehatan masyarakat maupun dari sisi kehalalan produk daging yang dihasilkan.

Ads
loading...

“Kita ingin masyarakat lebih mengerti cara memeriksa, memilih hewan qurban yang baik dan sehat. Tentunya kita juga berharap mereka akan menyosialisasikan juga ke warga,” ujarnya.

Selain memberikan materi pengetahuan tentang kesehatan hewan qurban, panitia juga membuka sesi diskusi di mana para panitia qurban yang jadi peserta diberi kesempatan bertanya dan menyampaikan kendala-kendala di lapangan saat proses penyembelihan hewan qurban di gampong masing-masing.

Selain itu, pada kegiatan ini juga dibahas ciri-ciri seekor hewan qurban yang merupakan hewan yang sehat dan layak dagingnya dikonsumsi serta juga dibahas tentang proses penyembelihan yang sesuai dengan syariat Islam. [Sammy/rel]

Ads