Disperindag Aceh perkirakan harga daging pada meugang Idul Adha tak melonjak

Ilustrasi daging sapi. (Antara)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Aceh memperkirakan harga daging sapi pada “meugang” (pemotongan hewan) menjelang Hari Raya Idul Adha tidak akan melonjak seperti lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah yang mencapai Rp160 ribu/Kg.

“Kemungkinan harga daging sapi yang dijual pada hari meugang tidak akan lebih tinggi dibanding lebaran Idul Fitri sebab bertepatan dengan hari raya kurban,” kata Kadisperindag Aceh, Arifin Hamid di Banda Aceh, Rabu (7/9).

Ia menyebutkan dari pantauan di lapangan harga daging sapi yang dijual di pasaran saat ini berkisar antara Rp120 ribu per kilogram hingga Rp130 ribu per kilogram.

“Masyarakat akan mendapat daging qurban di hari pertama Idul Adha atau hari kedua, sehingga permintaan daging di pasaran kemungkinan akan sedikit menurun. Artinya jika permintaan tidak terlalu tinggi maka harga daging dipastikan akan stabil,” katanya.

Arifin mengatakan persediaan ternak untuk hari meugang dan qurban di provinsi ujung paling barat Indonesia ini dipastikan cukup untuk memenuhi permintaan masayarakat di daerah setempat.

“Kita pastikan stok ternak sapi potong dan untuk qurban cukup,” katanya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Aceh terkait jumlah stok ternak untuk meugang lebaran ini yakni mencapai 19 ribu ekor.

“Kami memperkirakan kebutuhan untuk meugang dan hewan qurban sebanyak sembilan ribu ekor, sedangkan stok yang tersedia mencapai 19 ribu ekor,” katanya. [Antara]

Related posts