120 personel polisi amankan kantor KIP Aceh

Ilustrasi - apel siaga pengamanan pilkada. (Antara Foto)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 120 personel polisi dari Polresta Banda Aceh dan Polda Aceh mengamankan kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh di Banda Aceh.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol T Saladin mengatakan penugasan 120 anggota polisi tersebut untuk pengamanan pendaftaran pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh.

“Pengamanan ini sesuai prosedur. Pengamanan melibatkan satuan gabungan, termasuk tim penjinak bom,” kata Kombes Pol T Saladin di Banda Aceh, Kamis (22/9).

Polisi yang ditugaskan untuk pengamanan kantor penyelenggara pilkada tersebut dilengkapi senjata laras panjang. Mereka ditempatkan di berbagai titik di kantor tersebut.

Setelah pendaftaran pasangan calon, kata Kombes Pol T Saladin, personel tersebut akan digeser ke Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA). Mereka di rumah sakit itu ditugaskan dalam rangka pengamanan tes kesehatan calon kepala daerah.

“Mereka ditugaskan untuk pengamanan tes kesehatan. Tes kesehatan itu diikuti para calon gubernur dan wakil serta para calon bupati/wali kota dan wakil yang akan mengikuti pilkada serentak di Aceh,” kata Kombes Pol T Saladin.

Selain itu, kata dia, polisi juga akan ditugaskan untuk mengamankan masing-masing kandidat. Pengamanan kandidat tersebut dilakukan setelah penetapan calon.

“Masing-masing kandidat, baik calon gubernur, maupun calon wakil gubernur akan dikawal dua personel. Pengawalan dilakukan hingga proses pilkada berakhir,” kata Kombes Pol T Saladin. [Antaranews]

Related posts