Besok, empat kabupaten di Aceh adakan pagelaran seni

Silaturahmi budaya dan pergelaran seni di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh. (Kanal Aceh/Aidil)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Empat kabupaten di Aceh, Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, dan Aceh Tenggara akan menggelar silaturahmi budaya dan pergelaran seni di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Sabtu (24/9) malam.

Acara yang bertemakan “Ratip Musara Anguk. Nyawa Musara Peluk” ini dibuat oleh Komunitas Gayo-Alas se-Aceh.

Rencananya, Gubernur Aceh, Zaini Abdullah akan menghadiri acara tersebut. Juga para bupati dari empat kabupaten itu.

Ketua panitia, Dihansah menjelaskan acara ini awalnya dibuat pada 17 September 2016, tapi karena ketidaksiapan panitia yang sangat dekat seusai Idul Adha akhirnya ditunda.

“Acara ini sudah lama dicetus, dan sudah berulang kali dibuat. Tujuan acara ini untuk memajukan budaya-budaya dari empat kabupaten dataran tinggi di Aceh,” kata Dihansah dalam konferensi pers, Jumat (22/9).

Lanjutnya, acara ini dibuat karena masyarakat suku Gayo-Alas dari se-Aceh ingin membuat acara seni, sekaligus saling mempererat silaturahmi.

Sementara, panitia Bendahara, Ansari Munthe, menyebutkan acara ini akan diisi dengan penampukan seni Saman, Pepongoten Gayo, Pelebat, Guel, dan Didong. Juga diisi dengan pelaku seni, Sopan Sofyan, Ervan Ceh Kul, dan Kandar.

“Pelaku seni itu kita datangkan langsung dari empat kabupaten tersebut,” kata Anshari.

Anshari, menyebutkan untuk target tamu yang hadir sekitar 3000-5000 yang ada di sekitaran Banda Aceh dan Aceh Besar. [Aidil Saputra]

Related posts