Gubernur ajak masyarakat lestarikan adat Aceh

Asisten Keistimewaan, Ekonomi dan Pembangunan Setda Aceh, Zulkifli HS menyampaikan sambutan saat kenduri laot bersama masyarakat di Lampanah, Aceh Besar, Kamis (22/9). (Humas Aceh)

Aceh Besar (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengajak masyarakat untuk melestarikan adat dan budaya Aceh sehingga menjadi sarana untuk memperkuat hubungan sosial antara masyarakat dan juga meningkatkan ketaqwaaan.

Hal tersebut disampaikan Zaini Abdullah dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Keistimewaan, Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Aceh, Zulkifli HS saat menghadiri acara kenduri laot yang dilaksanakan masyarakat Lampanah Leungah, Kecamatan Seulimum, Kamis (22/9).

“Masyarakat Aceh memiliki kekayaan budaya dan adat yang terus kita pertahankan secara turun temurun hingga sekarang,” ujar Zulkifli.

Kenduri laot, kata Zulkifli merupakan tradisi yang sudah turun temurun dan sudah ada sejak dulu di Aceh. Budaya tersebut adalah manifestasi dari rasa syukur yang dituangkan dalam sebuah tradisi adat melalui kenduri laot yang dilaksanakan setahun sekali.

Ia mengatakan, selain untuk memperkuat harmonisasi sosial bagi sesama masyarakat nelayan di wilayah ini, kenduri Laot dapat pula dijadikan sebagai sarana untuk menyosialisasikan kembali aturan/hukum kelautan.

“Keberadaan panglima laot misalnya, sudah ada di Aceh sejak ratusan tahun lalu. Panglima Laot adalah pemimpin masyarakat untuk urusan kelautan,” ujarnya

Sementara itu, Sekretaris Mukim Kemukiman Lampanah, T Nasai mengatakan bahwa para nelayan dan juga petani di daerah tersebut masih sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah.

“Semoga dengan kunjungan bapak-bapak dari Pemerintah Aceh masyarakat di sini akan mendapatkan perhatian dari Pemerintah Aceh,” ujarnya. [Sammy/rel]

Related posts