Tari Saman adalah media untuk dakwah

Pemain tari saman. (Ist)

Meulaboh (KANALACEH.COM) – Tari Saman merupakan salah satu media untuk pencapaian pesan (dakwah). Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan.

Hal tersebut disampaikan Kasipers Korem 012/TU, Letkol Caj M. Apono S saat pembukaan perlombaan Tari Saman tingkat SMA yang digelar Korem 012/TU di Aula Makorem 012/TU, Kamis (22/9).

Ia menyatakan bahwa ajang perlombaan tari saman juga merupakan salah satu tempat untuk digunakan dalam melestarikan budaya daerah, khususnya budaya Aceh.

“Kegiatan seperti Ini sangatlah penting, khususnya di zaman sekarang, dimana arus globalisasi dan budaya barat yang terus menggerus budaya daerah. Tentunya secara tidak langsung akan mempengaruhi karakter bangsa kita,” ujar Letkol Caj M. Apono S.

Perlombaan Tari Saman tersebut diikuti delapan peserta dari SMA yang ada di jajaran Korem 012/TU. Ini digelar untuk memeriahkan hari ulang tahun TNI Ke-71 tahun 2016.

Selain tarian Saman, Korem juga menggelar acara lain seperti lomba mencipta lagu perjuangan, lomba baca puisi, paduan suara masing-masing diikuti satu sekolah dari tiap kabupaten. [Aidil/rel]

Related posts