50 ribu lebih jemaah haji sudah pulang ke Tanah Air, 250 meninggal dunia

Ilustrasi. Jamaah haji kloter 4 yang baru tiba di Bandara Internasional SIM, Blang Bintang, Aceh Besar, Kamis (22/9). (Ist)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Lebih dari 50 ribu jemaah haji Indonesia telah dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah (KAAIA).

Mereka dipulangkan secara bergelombang sejak minggu lalu hingga berakhir gelombang pertama pada akhir bulan ini.

“Per Minggu 25 September pukul 10 waktu Arab Saudi jumlah total 50.894 orang,” kata Kepala Daerah Kerja Bandara PPIH Arab Saudi Nurul Badruttamam, Minggu (25/9).

Jumlah tersebut menurut Nurul terdiri dari 50.269 orang jemaah, 625 petugas kloter dari 124 kloter. Sementara jumlah haji khusus yang telah dipulangkan sejumlah 7. 532 orang.

“PIHK ada 138, jumlah total 7.532 jemaah,” imbuh Nurul.

Sementara, gelombang kedua pemberangkatan jemaah haji dari Tanah Suci ke Indonesia berlangsung mulai awal bulan Oktober nanti melalui Bandara AMAA Madinah.

Saat ini jemaah haji secara bergelombang dua bergerak menuju Madinah untuk melaksanakan ibadah Arbain di Masjid Nabawi. Sedangkan jemaah haji gelombang pertama sudah mulai dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara KAAIA Jeddah.

Sementara jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia di Arab Saudi terus bertambah.

Berdasarkan data Siskohat, sampai hari Sabtu (24/9) kemarin, jumlah jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia menjadi 250 orang, terdiri dari 228 jemaah haji reguler dan 22 jemaah haji khusus.

Sebagian besar jemaah haji meninggal akibat serangan cardio vascular atau penyakit jantung. Dari 250 jemaah yang meninggal, sekitar 70 persen adalah jemaah haji berusia di atas 60 tahun. [Merdeka]

Related posts