34 jamaah haji Sabang disambut dengan peusijuk

Jamaah haji Sabang yang dipeusijuk, Rabu (28/9). (Kanal Aceh/Diki Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Sebanyak 34 jamaah haji, Rabu (28/9) siang tiba di Kota Sabang setelah sebulan lebih meninggalkan Tanah Air untuk menunaikan ibadah haji.

Kepulangan para jamaah haji disambut Asisten Pemerintahan bersama Muspida Plus di Masjid Agung Babussalam, Gampong Kuta Ateuh Sabang, Rabu (28/9).

Jamaah haji Sabang tiba di Bandara SIM Blangbintang, Selasa (27/9) sekitar pukul 16.00 WIB. Setelah tiba para jamaah langsung menuju asrama haji dan selanjutnya Rabu pagi dibawa pulang ke Sabang via kapal cepat.

Setibanya di Pelabuhan Balohan Sabang, para jamaah langsung bertolak ke Masjid Agung Babussalam di Gampong Kota Atas untuk melakukan peusijuk.

Kepala Dinas Syariat Islam, T Pakeh Hamid mengatakan, seluruh jamaah haji tiba dengan selamat dan dari 34 orang jamaah delapan orang tidak ikut pulang ke Sabang.

Pakeh Hamid menambahkan, para jamaah haji tersebut ingin melanjutkan pengobatan di Banda Aceh karena ada masalah kesehatan seperti batuk, flu, dan ada juga yang memang sakit sebelum berangkat haji.

“Tidak ada penyakit kronis yang dialami kedelapan jamaah haji tersebut, hanya sedikit gangguan kesehatan dan memang ada beberapa jamaah yang memang sakit sebelum berangkat haji,” ujarnya.

Wali Kota Sabang, Zulkifli H. Adam pada acara peusijuk tersebut mengucapkan selamat datang untuk para jamaah haji yang telah kembali dalam keadaan sehat, semoga ibadah yang telah dilaksanakan di Tanah Suci diterima dan menjadi haji yang mabrur.

“Selamat datang kembali para jamaah haji yang telah menunaikan rukun haji, tetapi yang lebih penting adalah keimanan, ketakwaan dan kekhusyukan dalam beribadah,” tuturnya. [Diki Arjuna]

Related posts