Empat paslon Wali Kota Sabang ikuti uji baca Alquran

Paslon Wali Kota Sabang mengikuti uji baca Alquran di Masjid Babussalam Kota Sabang, Rabu (28/9). (Kanal Aceh/Diki Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Sebanyak empat pasang paslon Wali Kota Sabang hadir di Masjid Babussalam Kota Sabang untuk mengikuti tes uji mampu baca Alquran yang digelar Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Sabang, Rabu (28/9).

Ketua KIP Kota Sabang Zainal Faizin mengatakan, ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilewati untuk menjadi bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sabang.

“Uji mampu baca Alquran ini dinilai secara perseorangan dengan menilai 3 aspek, yakni  tajwid atau tata baca Alquran, fasahah atau kefasihan bacaan, dan adab atau etika saat membaca Alquran dan setiap calon diharuskan membaca ayat yang dipilih dan satu surah pendek,” ujarnya.

Ia menambahkan, hasil tes nantinya akan dikirim oleh tim penguji kepada KIP Sabang untuk selanjutnya akan diumumkan hasil dari tahapan-tahapan tersebut.

“Tim penguji nantinya akan mengirimkan hasil tes tersebut ke KIP kota Sabang, bagi pasangan yang lolos tahapan dapat melanjutkan niatnya pada saat kampanye,” katanya.

Adapun paslon yang mengikuti uji mampu baca Alquran Rabu (28/9) sekitar pukul 09.00 WIB pasangan M. Anwar-Sumardi dan pasangan Nazaruddin-Suradji Junus.

Kemudian pada pukul 14.30 WIB tiba di Masjid Babussalam Kota Sabang pasangan Zulkifli H Adam-Zuanda dan pasangan Izil Azhar-Islamudin. [Diki Arjuna]

Related posts