Iran pamerkan drone yang mirip dengan milik AS

Drone Iran serupa milik AS. (Channel News Asia)

Teheran (KANALACEH.COM) – Lima tahun lalu Amerika Serikat dipermalukan oleh jatuhnya sebuah drone-nya di Iran. Garda Revolusi Iran telah membuat drone yang wujudnya mirip sekali dengan drone milik AS tadi.

Drone itu dinamakan Saegheh atau petir. Pesawat tanpa awak ini diperlihatkan dalam sebuah pameran teknologi udara Garda Revolusi Iran, Sabtu (1/10).

Drone jarak jauh ini mampu menembak 4 target dengan bom presisi yang dikendalikan dari jauh, dengan akurasi tinggi,” tutur komandan sayap udara Garda Revolusi, Amir Ali Hajizadeh kepada kantor berita IRNA, seperti dilansir Reuters.

Tapi Garda itu tak mencoba mendemonstrasikan kemampuan sesungguhnya drone itu serta sejauh mana jauh pesawat itu bisa terbang.

Dari foto yang diambil oleh kantor berita Tasnim memperlihatkan kemiripan Saegheh dengan RQ-170 Sentinel yang ditembak jatuh oleh tentara Iran pada Desember 2011.

Iran juga pernah mengklaim telah menangkap tiga drone ScanEagle milik AS.

Presiden AS Barack Obama pernah meminta Iran mengembalikan RQ-170, sebab pesawat itu kepunyaan angkatan bersenjata AS yang berpangkalan di Afghanistan. Tapi Iran meminta AS minta maaf karena telah memata-matai negara itu dengan pesawat tanpa awak. [CNN Indonesia]

Related posts