SMA Modal Bangsa juara LCC FMIPA Unsyiah

SMA Modal Bangsa juara LCC FMIPA Unsyiah
Foto para siswa MOSA saat menerima penghargaan. (img: http://www.sman-modalbangsa.sch.id)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – SMA Modal Bangsa (Mosa) Aceh Besar berhasil menjadi juara pertama pada Lomba Cerdas Cermat (LCC) Bidang Matematika dan IPA yang diadakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah yang digelar pada Sabtu (1/10) hingga Senin (3/10) di aula setempat.

Lomba reguler yang diadakan setiap tahun ini memperebutkan piala bergilir dari Gubernur Aceh, serta piala tetap dari Rektor Unsyiah. Selain piala dan sertifikat, para juara ini juga akan memperoleh dana pembinaan serta paket hadiah dari sponsor.

Prestasi para siswa di ajang ini dapat membantu mereka untuk menembus perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) nanti.

LCC tahun ini diikuti oleh 32 tim dari seluruh Aceh. Beberapa SMA bahkan mendaftarkan empat tim mewakili sekolah. Sementara itu, peserta yang berasal dari luar Banda Aceh dan Aceh Besar di antaranya dari Lhokseumawe dan Takengon.

Pada babak final, tim SMA Mosa melawan tin SMA Fajar Harapan serta dua tim lain yang juga berasal dari SMA Mosa. SMA Fajar Harapan berhasil meraih juara dua dalam ajang tersebut, setelah melalui persaingan sengit.

LCC merupakan salah satu kegiatan yang tergabung dalam Pekan Ilmiah MIPA (PIL MIPA). Kegiatan ikonik tahunan FMIPA ini juga memperlombakan Lomba Mewarnai, Lomba Fashion Show, Lomba Fotografi Sains, dan Science Essay Competition.

Selain aneka lomba tersebut, panitia yang didominasi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA ini juga menggelar Seminar Beasiswa, serta Aksi Donor Darah.

Dekan FMIPA, Dr TM Iqbalsyah, mengungkapkan kegembiraannya atas kesuksesan pelaksanaan PIL MIPA ini.

“Kita bisa melihat bahwa para peserta juga sangat antusias mengikuti aneka lomba, terutama cerdas cermat bidang MIPA ini, yang semoga bisa lebih membuka pamahaman masyarakat tentang ilmu-ilmu murni secara luas,” ungkap Iqbalsyah

Untuk diketahui, FMIPA Unsyiah merupakan fakultas ilmu murni pertama di Aceh. Dan saat ini, keempat bidang ilmu murninya (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi) telah terakreditasi A dari oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Selain empat program studi ilmu murni tersebut, FMIPA Unsyiah saat ini juga telah memiliki Program Studi Informatika, Farmasi, Statistika, serta D3 Manajemen Informatika dan D3 Teknik Elektronika. [Aidil/rel]

Related posts