Baitul mal Aceh beri bantuan beasiswa hingga sarjana

ilustrasi.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Baitul Mal Aceh (BMA) akan memberikan beasiswa satu keluarga satu sarjana kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

 

Pemberian beasiswa tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah kerja sama atau Memorandun of Understanding (MoU) antara Plt Kepala Baitul Mal Aceh Dr Armiadi Musa dengan rektor UIN Ar-Raniry Prof Farid Wajdi Ibrahim di Darussalam, Jumat (7/10) di Banda Aceh.

 

“Program bantuan beasiswa yang diberikan untuk keluarga kurang mampu ini akan menanggung secara penuh biaya kuliah penerima manfaat hingga selesai sarjana,” katanya.

 

Ia menyebutkan untuk saat ini Baitul Mal Aceh baru mampu memberikan beasiswa kepada 96 mahasiswa, dengan rincian untuk UIN dan Unsyiah masing-masing 48 penerima manfaat.

 

Armiadi mengatakan beasiswa yang diberikan tersebut merupakan program baru Baitul Mal Aceh tahun 2016 sebagai upaya pengentasan kemiskinan di Aceh dan menurunkan angka putus sekolah.

 

“Jika program ini sukses maka Baitul Mal akan terus meningkatkan jumlah penerimanya di masa mendatang,” katanya.

 

Ia menyebutkan untuk menyukseskan program tersebut, pada tahun pertama pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp1,2 milyar dengan besaran nominal yang akan diperolah setiap mahasiswa berdasarkan kebutuhan dan standar kedua universitas negeri tersebut.

 

Ada pun biaya yang diberikan untuk penerima manfaat tersebut meliputi biaya SPP, uang jajan dan biaya untuk tempat tinggal.

 

Armiadi menambahkan mengingat dana yang dianggarkan untuk program tersebut bersumber dari zakat maka calon penerima beasiswa merupakan mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

 

“Kita nantinya akan melakukan verifikasi kelayakan terhadap calon penerima manfaat sehingga program ini tepat sasaran yakni mahasiswa dari keluarga kurang mampu,” katanya. [Antara]

 

 

Related posts