Lima kesalahan saat makan siang yang bisa hancurkan diet

Ilustrasi makan siang di meja kerja. (Shutterstock)

(KANALACEH.COM) – Banyak orang yang sedang menjalani diet tapa sadar sudah menyabotase diet mereka sendiri. Mulai dari malas berolahraga, mengonsumsi makanan yang terlalu berlemak, dan lainnya. Jika Anda sedang berdiet, jangan biarkan pola makan menyabotase diet dan menggagalkan usaha Anda untuk menurunkan berat badan.

Salah satu hal yang tak pernah disadari oleh seseorang adalah bahwa apa yang mereka lakukan saat makan bisa mempengaruhi diet yang sedang dijalani. Salah satunya adalah ketika makan siang. Beberapa kesalahan ketika makan siang bisa menghalangi Anda untuk menurunkan berat badan.

Kesalahan apa saja yang paling sering dilakukan saat makan siang dan bisa menghancurkan diet Anda? Berikut daftarnya, seperti dilansir oleh Fit Sugar beberapa waktu lalu.

1. Selalu makan di luar
Tentu saja, Anda bisa memilih untuk makan makanan yang sehat di luar. Ada banyak restoran yang menyediakan makanan sehat untuk Anda yang berdiet. Namun jika Anda benar-benar ingin mengontrol apa yang dikonsumsi selama diet, pilihan terbaik adalah membawa makan siang bikinan sendiri dari rumah. Selain menghemat waktu, Anda juga bisa membuat makanan yang menyehatkan dan sesuai dengan diet Anda sendiri.

2. Minum jus atau soda
Tak ada salahnya minum jus atau soda sesekali, namun jangan biasakan minum jus atau soda setiap kali selesai makan siang. Minum jus atau soda setelah makan siang akan menambahkan kalori pada diet Anda sehari-hari. Sudah banyak penelitian yang mengaitkan minuman berpemanis atau minuman soda, termasuk soda diet dengan meningkatnya berat badan. Lebih baik pilihlah air putih atau teh.

3. Tak memikirkan nutrisi
Ketika memesan makan siang Anda mungkin akan memilih makanan yang paling cepat dan murah yang bisa dikonsumsi hingga tak memperhatikan nutrisi yang Anda dapatkan. Ketika memilih makan siang, jangan hanya memperhatikan kalori yang akan dikonsumsi, namun juga perhatikan nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari makan siang tersebut.

4. Makan sedikit
Ketika makan siang, Anda mungkin sudah memilih makanan yang mengandung kalori sedikit, namun perhatikan juga porsi makanan Anda. Jangan sampai makanan yang dipilih terlalu sedikit sehingga Anda masih merasa lapar setelah makan siang. Rasa lapar akan memicu Anda untuk ngemil sepanjang sore, sehingga Anda justru menambah asupan kalori yang tak perlu dan tak sehat.

5. Makan sambil melakukan hal lain
Hal ini banyak dilakukan oleh orang yang sibuk. Anda mungkin tak selamanya bisa peri dari kursi untuk menikmati makan siang, namun makan sambil melakukan hal lain akan membuat Anda sulit kenyang, dan akan lebih cepat lapar setelahnya. Jangan biasakan makan siang di meja kerja atau sambil melakukan hal lainnya. Pergilah ke luar selama 15 menit untuk makan siang dan hanya berfokuslah untuk makan siang, jangan melakukan hal lainnya.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang saat makan siang. Kesalahan tersebut bisa merusak diet Anda jika terus dilakukan. Jadi, jika ingin diet berhasil sebaiknya hindari melakukan kesalahan di atas saat makan siang. [Merdeka]

Related posts