FKP Unsyiah dan University Ryukyus jalin kerja sama

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala (FKP Unsyiah) menjalin kerjasama dengan University of the Ryukyus Jepang. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Dekan FKP Unsyiah, Adlim dengan Dekan Fakultas Ilmu Pengatahuan Alam dan Teknik University of the Ryukyus, Hideo Yamasaki. Kegiatan ini turut disaksikan Rektor Unsyiah,  Samsul Rizal di ruang mini Rektor Unsyiah, Senin (17/10).

Adlim mengatakan, kedua belah telah sepakat untuk bekerja sama pada bidang pengembangan riset dan ilmu kelautan. Unsyiah dan Ryukyus juga sepakat untuk pertukaran publikasi, laporan dan materi akademik, pertukaran pegawai ahli, dan kerja sama penelitian.

“Kita berharap kerja sama akan berdampak positif bagi kedua belah pihak, khususnya pada pengembangan riset dan publikasi ilmiah. Suatu saat nanti kita juga akan melakukan kolaborasi riset,” ujarnya.

Sementara itu, Prof Hideo Yamasaki mengungkapkan bahwa University of the Ryukyus merasa sangat terhormat karena bisa menjalin kerjasama dengan Unsyiah. Hideo menilai, kedua Universitas ini memiliki semangat yang sama dalam pengambangan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang kelautan.

“Hal tersebut sangat sejalan dengan cita-cita dari universitas kami yang terletak di Kepulauan Okinawa yang dikelilingi lautan,” katanya.

Menurut Prof Hideo, saat ini University of the Ryukyus sedang berupaya untuk menguatkan identitasnya sebagai kampus yang inovatif dan dapat merespon perubahan sosial secara fleksibel.

“Dan kami menilai Unsyiah telah melakukan hal tersebut dengan baik,” ungkap Hideo Yamasaki.

Hadir pula pada kesempatan ini, Junichi Tanaka dan Riki Kobayshi dari University of the Ryukyus. Di pihak Unsyiah hadir  Nazamuddin  (Wakil Rektor IV Unsyiah), Mirza Irwansyah M (Dekan Fakultas Teknik), Teuku Mohamad Iqbalsyah (Dekan FMIPA), Maimun Syukri (K) (Dekan Fakultas Kedokteran), Muhammad Hambal (Dekan FKH), dan Muzalin Affan (Kepala Office of International Affairs) Unsyiah.[Randi/rel]

Related posts