Gempa 6,9 SR guncang Papua Nugini, tak berpotensi tsunami

Gempa 5,4 SR guncang Sabang
Ilustrasi gempa. (Detik)

Port Moresby (KANALACEH.COM) – Gempa bumi berkekuatan 6,9 Skala Richter (SR) mengguncang kawasan pantai di kepulauan New Britain, yang ada di wilayah Papua Nugini. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Dilaporkan Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS, seperti dilansir Reuters, Senin (17/10), gempa ini berpusat di kedalaman 35 kilometer dari permukaan laut. Pusat gempa berada di area perairan antara Pulau New Britain dengan pantai utara Papua Nugini.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik menyatakan, tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan oleh pihaknya terkait gempa ini. Belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa dari otoritas setempat.

“Kami merasakannya beberapa menit lalu, tapi di lokasi kami, tidak ada laporan kerusakan,” terang warga setempat, Claire Jolam, yang bekerja sebagai resepsionis di Walindi Plantation Resort di Kimbe, Pulau New Britain.

Getaran gempa itu dirasakan cukup kuat dan dilaporkan terasa hingga ke ibu kota Port Moresby yang berjarak 750 kilometer dari lokasi gempa. Albert Kasokason yang tinggal di Port Moresby, menuturkan kepada Reuters bahwa dirinya merasa getaran gempa saat berada di kantornya.

“Tidak ada benda yang jatuh. Namun getaran itu tidak bisa di Port Moresby. Tidak ada kerusakan, tapi ada banyak orang merasakannya di Port Moresby,” tuturnya.

Pada Juli 1998 lalu, dua gempa bawah laut yang berkekuatan 7 SR memicu tiga tsunami dan menewaskan sedikitnya 2.100 orang di dekat kota Aitape, Papua Nugini bagian utara.

Wilayah Papua Nugini sendiri berada di garis ‘Ring of Fire’ atau ‘Lingkar Api’ di Samudera Pasifik yang kerap dilanda gempa dan letusan gunung berapi. [Detik]

Related posts