Gubernur lantik dr. M Yani jadi Kepala BKKBN Aceh

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah melantik dr. M Yani sebagai kepala BKKBN Aceh di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Senin (17/10). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah melantik dr. M Yani M.Kes sebagai Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Senin (17/10).

Acara pelantikan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Aceh, Drs Dermawan, jajaran Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Aceh serta Kepala BKKBN RI Bapak dr. Surya Chandra Surapaty.

Dalam sambutannya, Gubernur Zaini berharap kepada Kepala Perwakian BKKBN yang baru dilantik agar senantiasa membangun koordinasi dan komunikasi yang baik dengan Pemerintah Aceh, sehingga berbagai program-program kependudukan di daerah ini dapat berjalan dengan lancar.

“Tidak bisa dibantah, upaya mewujudkan keluarga sejahtera merupakan langkah penting bagi kita untuk menghadirkan sumber daya manusia yang berkualitas di masa depan. Salah satu program penting untuk mewujudkan harapan itu adalah menjalankan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dengan  baik, sebab fakta membuktikan kalau kesuksesan Program ini berbanding lurus dengan kualitas SDM dan kesejahteraan keluarga,” ujarnya.

Menurutnya, Pemerintah Indonesia boleh dikatakan cukup berhasil dalam mengampanyekan program Keluarga Berencana, terutama pada era 80-an  hingga tahun 2000 dimana Indonesia sukses menekan laju pertumbuhan penduduk, dari 5,6 menjadi 2,8 per tahun dan mampu menurunkan total fertility rate (TFR) sebesar 50%.

Namun setelah era otonomi berlangsung, kata Zaini, komitmen politis terhadap Program KB ini terasa melemah di daerah.

“Akibatnya program pengendalian penduduk mengalami stagnan, bahkan di beberapa daerah, program ini hampir-hampir terabaikan. Tak mengherankan jika secara nasional, pertumbuhan penduduk mencapai selama sepuluh tahun terakhir mencapai 20 sampai 25 juta jiwa,” imbuh Zaini. [Aidil/rel]

Related posts