Tari Guel meriahkan pembukaan Rakerda Dekranasda se-Aceh

Tari Guel meriahkan acara pembukaan Rakerda Dekranasda se-Aceh di Bener Meriah. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Bener Meriah (KANALACEH.COM) – Tari Guel meriahkan pembukaan acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) se-Aceh yang dipusatkan di depan Gedung Olah Raga dan Seni Kabupaten Bener Meriah, Selasa (18/10).

Tarian yang diikuti 65 penari itu mengawali pembukaan acara Rakerda, setelah tibanya Sektaris Daerah (Sekda) Aceh, Darmawan, ketua Dekranasda Aceh, Niazah A Hamid, Bupati Bener Meriah, Rusli, Wakil Sekjen Dewan Kerajinan Pusat, Kepala Disbudpar Aceh, Raza Fahlevi, anggota Komisi I DPRA, Barda Sahidi, dan sejumlah tamu lainnya yang memasuki panggung utama acara.

Tarian tersebut menceritakan tentang pejuang daerah tanah Gayo, selain itu juga mengisahkan masyarakat Gayo dalam kehidupan pertanian mereka.

“Tarian yang kami bawa itu tentang pejuang daerah Gayo namanya Datu Beru kemudian juga termasuk kegiatan masyarakat Gayo dalam kehidupan pertaniannya,” jelas salah satu penari, Eris Triani kepada Kanalaceh.com.

Selain itu panggung utama Rakerda Dekranasda se-Aceh tersebut, juga memiliki stand setiap kabupaten/kota di Aceh yang akan ditampilkan kerajinan keterampilab masing-masing daerahnya. [Fahzian Aldevan]

Related posts