Panglima Laut: Sudah 4 hari nelayan tak melaut

Cuaca buruk nelayan Aceh pilih tidak melaut
Ilustrasi nelayan tidak melaut. (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Akibat cuaca ekstrim yang melanda Provinsi Aceh dalam beberapa hari terakhir, nelayan di Aceh tidak melaut.

Dikonfirmasi kepada Panglima Laut Wilayah Aceh Besar, Baharuddin mengatakan, mereka sudah tidak melaut selama empat hari, akibat cuaca yang belum juga membaik.

“Kita sudah tidak melaut selama empat hari karena cuaca ekstrim yang melanda Aceh,” kata Baharuddin saat dihubungi melalui telepon, Rabu (19/10).

Dikatakannya, bukan hanya nelayan di wilayah Aceh Besar saja yang tidak melaut, tapi hampir di seluruh Aceh nelayan tidak melaut karena ketinggian gelombang dan angin kencang.

Menurutnya, imbas dari cuaca buruk ini, dipastikan harga ikan akan naik. Sebab, nelayan yang ke laut tidak semuanya. Hanya nelayan yang memiliki kapal yang besar.

“Hampir dipastikan, nelayan tradisional dengan menggunakan perahu tidak akan berani melaut. Kecuali yang memiliki kapal, tapi itupun hanya disekitaran perairan Aceh saja, tidak sampai ketengah,” ujarnya.

Menurut data dari Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Blang Bintang Aceh Besar cuaca ekstrim yang disertai hujan dan angin kencang masih akan terus berlangsung hingga tanggal 20 Oktober mendatang. [Randi]

Related posts