Dengan olahraga, bisa perlambat proses penuaan otak

Ilustrasi olahraga. (Thinkstock)

(KANALACEH.COM) – Seiring bertambahnya usia, fungsi otak bisa mengalami penurunan. Kabar baiknya, bagian dari proses penuaan ini bisa dihambat dengan jenis olahraga tertentu.

Para ilmuwan dari University of British Columbia di Kanada mengungkap hal itu dalam sebuah penelitian terbarunya. Orang-orang yang rajin olahraga, punya kemampuan mengingat yang lebih awet dibandingkan orang-orang yang tidak olahraga.

“Kami menemukan bahwa 3 kali sepekan melakukan olahraga aerobik intensitas sedang, seperti jalan cepat, secara signifikan meningkatkan fungsi kognitif pada orang tua dengan masalah fungsi kognitif akibat penyakit yang merusak pembuluh darah di otak,” kata sang peneliti, Teresa Liu-Ambrose.

Orang-orang dewasa yang dilibatkan dalam penleitian ini mengalami penyempitan pembuluh darah di otak. Kondisi ini merupakan penyebab terbanyak kedua pada kepikunan, setelah penyakit Alzheimer. Demikian kata Liu, dikutip dari Newsmax, Jumat (21/10).

Efek olahraga pada fungsi otak, dalam penelitian itu memang tidak terlalu besar. Namun efek yang teramati dinilai sama seperti pada beberapa penelitian yang menguji obat untuk masalah yang sama. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi temuan tersebut, namun yang pasti Liu telah menambah panjang daftar manfaat olahraga. [Detik]

Related posts