Gugatan dikabulkan, tiga balon bupati jalani tes kesehatan di RSUZA

Gambar Ilustrasi (klimg.com)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Tiga bakal calon bupati yang berasal dari Aceh Tamiang, Bireuen dan Aceh Utara menjalani tes kesehatan ulang di RSUZA Banda Aceh, Jumat (21/10).

Dikonfirmasi kepada ketua kelompok kerja (Pokja) tes kesehatan pasangan calon KIP Aceh, Fauziah mengatakan, eksekusi keputusan panwaslih bagi calon kepala daerah yang dikabulkan gugatannya, akan ikuti tes ulang di rumah sakit pemerintah.

“Eksekusi keputusan panwaslih hari ini dan ada tiga balon yang akan jalani tes kesehatan di RSUZA,” ujarnya pada kanalaceh.com, saat dikonfirmasi melalui telepon.

Adapun balon yang mengikuti tes keaehatan ulang tersebut ialah, Sulaiman IB dari Aceh Utara, Lukmanul hakim dari Aceh Tamiang dan Saifannur dari Bireuen.

Sebelumnya, pada tahap awal tes kesehatan ketiga balon bupati tersebut dinyatakan tidak lulus dalam serangkaian uji kesehatan.

Namun, ketiganya tidak terima dengan hasil tersebut, dan melayangkan gugatan ke panyelenggara Pilkada atas keputusan itu.

Atas gugatan tersebut, pihak panwaslih di masing-masing tempat mengabulkan permohonan balon bupati untuk dilanjutkan ke KIP agar segera direkomendasikan untuk melakukan tes uji kesehatan ulang.

Sementara, Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi menyebutkan, berharap agar panwaslih setempat bisa mengawal jalannya proses tes uji kesejatan tersebut.

“Kita minta kepada panwaslih setempat agar mengawal proses tes uji kesehatan ini,” ujarnya. [Randi]

Related posts