Walikota sabang memberikan dana BSPS kepada warga. (Kanal Aceh/Diki Arjuna)
--Ads--
loading...

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Sabang mengunjungi langsung penerima bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) di Gampong Iboih, Kota Sabang, Kamis (20/10).

Pejabat pembuat komitmen (PPK), BSPS Provinsi Aceh, Heri Afandi mengatakan, dana bantuan BSPS ini diberikan sebagai dana pancingan agar masyarakat dapat merehab rumah sendiri.

Tahun ini untuk Provinsi Aceh dialokasikan 2000 Unit, yang direalisasikan 1.963 unit dan untuk Kota Sabang dari alokasi awal berjumlah 164 unit yang bisa direalisasikan hanya 151 unit.

Ads

Lanjutnya, untuk gampong Iboih mendapat 104 unit dan sisanya diberikan ke Gampong Kuta Timu berjumlah 47 unit. Hal tersebut dikarenakan ada pembatalan sebagian usulan tidak lolos verifikasi terkait tanah sengketa dan tanah Negara.

Heri menekankan, bahwa program BSPS ini bersumber dari APBN. Setelah dibelikan bahan bangunan masih merupakan barang milik negara, Namun setelah menjadi bangunan Rumah, baru menjadi milik penerim bantuan.

Walikota Sabang, Zulkifli H Adam mengungkapkan, bantuan tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, meyakini bahwa masyarakat tidak akan menyalahgunakan bantuan itu, tidak seperti disejumlah daerah lainya.

Dikatakan, selama ini masyarakat kurang mampu tidak dapat diberikan rumah layak huni dikarenakan tidak memiliki lahan pribadi yang telah bersertifikat. Sehingga tidak sedikit masyarakat yang menumpang dikebun-kebun warga.

“Pemerintah Kota Sabang akan berupaya untuk membangun rumah bagi masyarakat yang tidak mampu, khususnya masyarakat yang tidak memiliki tanah” tambah Zulkifli.[Diki Arjuna]