Miliki kartu KIP, dapat beasiswa bidikmisi

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Republik Indonesia, H. Mohamad Nasir saat di Gedung AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh, Jumat (21/10). (Ist)
--Ads--

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), H. Mohamad Nasir, menjelaskan bahwa setiap siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi secara otomatis akan  terdaftar sebagai penerima beasiswa Bidikmisi.

Hal tersebut disampaikannya kepada wartawan usai mengunjungi ribuan mahasiswa penerima bantuan biaya pendidikan Bidikmisi dan Afirmasi Pendidikan (ADik) Papua di gedung AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Darussalam, Banda Aceh, Jumat (21/10).

“Kalau ada siswa SMA yang punya KIP dan masuk perguruan tinggi, maka langsung akan saya masukkan ke Bidikmisi secara otomatis nanti tanpa seleksi,” ujarnya.

Ads

Ia berujar, bahwa Kartu Indonesia Pintar (KIP) diberikan sebagai penanda dan digunakan untuk menjamin serta memastikan seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun) dari keluarga pemegang KKS untuk mendapatkan manfaat Program Indonesia Pintar bila terdaftar di Sekolah, Madrasah, Pondok Pesantren, Kelompok Belajar (Kejar Paket A/B/C) atau Lembaga Pelatihan maupun Kursus.

“KIP sesuai untuk anak dari SD, SMP, hingga SMA/SMK, tidak bagi mahasiswa,” tuturnya.

Dikatakan, jikalau ada siswa SMA/SMK yang punya KIP dan masuk universitas maka langsung akan dimasukkan ke Bidikmisi.

“Kalau ada siswa SMA yang punya KIP dan masukuniversitas maka langsung akan saya masukkan ke bidikmisi, secara otomatis.Tanpa dilakukan seleksi, dalam artian mereka tidak perlu melakukan verifikasi ulang terhadap pemegang KIP tersebut, karena pada dasarnya penerima KIP adalah yang berprestasi dan berasal dari keluarga yang kurang mampu,” jelasnya. [Fahzian Aldevan]

Ads