Takengon selalu siap jadi tuan rumah kontes kopi Indonesia

Ketua Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), Irvan Anwar menyerahkan penghargaan kepada Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin yang dinilai sukses menggelar KKSI ke-8 di Takengon. (Ist)

Takengon (KANALACEH.COM) – Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengatakan, Takengon selalu siap untuk menjadi tuan rumah kontes kopi Indonesia, bahkan ia menyebutkan Takengon merupakan rumah bagi Kontes Kopi Spesialti Indonesia (KKSI) yang sesungguhnya.

Hal tersebut diungkapkannya menanggapi pelaksanaan kontes kopi Spesialti Indonesia (KKSI) ke-8 yang digelar sejak Kamis (20/10) hingga Minggu (23/10) di Takengon.

“Kami menilai KKSI bukan sekedar kegiatan yang singgah di Takengon untuk menyelenggarakan even ke-8 kalinya, justru kami menyatakan Aceh Tengah inilah sebenarnya rumah bagi KKSI,” ujarnya, Minggu (23/10) malam.

Selain kultur tanah yang subur, sambungnya, Aceh Tengah memiliki lahan tanam kopi arabika terbesar di Indonesia mencapai 48 ribu hektar dan 80 persen masyarakat yang tinggal di daerah itu merupakan petani kopi.

“Ditambah lagi, ragam citarasa kopi dunia ada Takengon, sehingga sangat tepat untuk menjadi basecamp kopi indonesia,” jelas Nasaruddin.

Rangkaian kontes kopi disemarakkan dengan berbagai kegiatan diantaranya seminar, pemilihan duta kopi, lelang kopi, pemutaran Film Aroma of Heaven yang diikuti pegelaran seni dan budaya, hingga acara utama pelaksanaan cupping test untuk menilai kopi terbaik yang diikutsertakan dalam kontes.

Even nasional ini menghadirkan tim juri ternama dari berbagai negara, seperti Mr Shunta Baba, Nguyen Duong Chau, Mrs Mirella Cielek, Paul W De Haan, Judith E Ganes, Somkuan Priyawat, Cheng Boon Leng dan Anyarat Priyawat. [Aidil/rel]

Related posts