Hanya satu jam Kualanamu-Takengon, wisatawan bisa ‘ngopi’ di kebun kopi

Warung kopi bernama Seladang Coffee yang dibuat di kebun kopi. (Lintas Gayo)

Takengon (KANALACEH.COM) – Tersedianya akses transportasi udara menuju Takengon Kabupaten Aceh Tengah dari Bandara Kualanamu Sumatera Utara membutuhkan waktu hanya satu jam. Kini, wisatawan dapat menikmati ngopi langsung di kebun kopinya.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menanggapi suksesnya pelaksanaan Kontes Kopi Spesialti Indonesia (KKSI) ke-8 sejak Kamis (20/10) hingga Minggu (23/10) di Takengon.

Menurutnya, membaiknya transportasi juga berarti memberi kesempatan bagi semua orang, masyarakat indonesia untuk mencicipi kopi terbaik di dunia yang ditanam dan dirawat oleh petani kopi Gayo.

“Akses transportasi yang semakin baik tidak terlepas dari dukungan Presiden Joko Widodo dan pak Gubernur Zaini Abdullah yang sangat konsen untuk membangun infrastruktur, khususnya daerah yang selama relatif kesulitan akses transportasi,” ungkap Nasaruddin.

Bahkan, Nasaruddin mengatakan kalau akses udara belum seperti sekarang ini, tentu penyelenggara dan peserta Kontes Kopi juga akan ragu-ragu untuk menggelar even nasional tersebut.

Hal ini juga diakui oleh pengurus Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Pusat, Pranoto yang selama ini menggelar KKSI di kota-kota besar, bahkan di kota yang tidak memiliki kebun kopi sama sekali.

“Takengon sebagai tuan rumah KKSI sebenarnya sudah lama masuk dalam radar kami, tapi karena dulu akses transportasi sulit, sedangkan kita membawa banyak orang asing, sehingga baru kali ini bisa dilaksanakan di Takengon seiring dengan sudah tersedianya akses transportasi udara,” jelas Pranoto. [Aidil/rel]

Related posts