4, 5, 6 Nomor keramat bagi cagub mantan petinggi GAM

(Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) :  Pengambilan nomor urut pasangan calon gubernur/wakil gubernur Aceh yang berlangsung di gedung utama DPRA, Selasa (25/10). Tiga mantan petinggi gerakan Aceh merdeka (GAM) mendapat nomor berurutan yaitu, 4, 5, 6.

Pada nomor urut 4 yang dimiliki oleh pasangan Zaini Abdullah – Nasaruddin (AZAN) yang maju lewat jalur independen, angka tersebut tidak asing lagi bagi mantan menteri kesehatan GAM, Zaini Abdullah.

Angka empat tersebut memiliki arti yang panjang bagi sejarah GAM. Pada angka 4 itu juga mengingatkan kembali pada waktu deklarasi kemerdekaan Aceh, 4 Desember 1976. Kemudian, angka 4 juga mengingatkan pada kelahiran wali nanggroe Tengku Hasan Ditiro, 4 September 1930.

“Ini nomor bersejarah bagi Aceh, ini juga asal usul Aceh sekarang bisa seperti ini, ini harus dilanjutkan,” ujar Zaini Abdullah.

Pada nomor urut 5 yang diisi oleh mantan panglima GAM, Muzakir Manaf yang berpasangan dengan TA.Khalid lewat jalur patai politik yang diusung oleh partai Aceh, Gerindra, PKS dan PBB.

Bagi Muzakir Manaf yang akrab disapa Mualem, nomor urut 5 ialah nomor yang sangat beruntung baginya. Sebab, nomor urut tersebut mengingatkan kembali pada pilkada Aceh 2012 lalu, dimana Muzakir Manaf keluar sebagai pemenang pilkada yang berpasangan dengan Zaini Abdullah dengan menggunakan nomor urut 5.

Kemudian, pasangan ini memaknai nomor urut lima sebagai rukun islam. “Kami mendapatkan nomor 5 berarti Allah SWT masih sayang kepada kami seperti tahun 2012 lalu, nomor 5 juga rukun Islam untuk tegaknya Ahlussunnah Waljamaah di Aceh,” kata Mualem usai memperoleh nomor urut.

Selanjutnya, dinomor urut 6 dipakai oleh mantan propaganda GAM, Irwandi Yusuf berpasangan dengan Nova Iriansyah yang diusung oleh partai Demokrat, PNA, PDA dan PKB.

Mengenai nomor urut 6, bagi Irwandi nomor tersebut seperti mengulang pilkada pada 2006 lalu. pasalnya, pada pilkada saat itu Irwandi berhasil menjadi orang nomor satu di Aceh dengan nomor urut 6

“Hari ini sejarah sedang mengulangi. Pada pilkada dekomratis pertama di Aceh tahun 2006 kami juga mendapat nomor 6,” kata Irwandi Yusuf

Baginya, nomor 6 mempunyai banyak arti. Menurutnya, nomor 6 ialah nomor terbesar dari nomor urut lain. “Yang disebut arti-arti dari calon lainnya ada di 6, karena ini nomor terbesar,” ujarnya.

Disamping itu, tiga pasangan cagub lainnya yaitu, Tarmizi Karim – Machsalmina Ali yang maju lewat usungan partai Golkar, Nasdem, PPP, PAN dan PKPI mendapat nomor urut 1.

Kemudian, pasangan yang juga berasal dari mantan petinggi GAM, Zakaria Saman berpasangan dengan T.Alaidinsyah yang maju lewat jalur independen menggunakan nomor urut 2.

Sedangkan mantan Gubernur Aceh periode 2000-2005 Abdullah Puteh yang berpasangan dengan Sayed Mustaf Usab mendapat nomor urut 3.

Dalam pengambilan nomor urut itu juga dihadiri ratusan pendukung masing-masing cagub, panglima kodam Iskandar Muda, kapolda Aceh, Kajati Aceh, anggota DPRA, komisioner KIP Aceh dan Panwaslih Aceh.[Randi]

Related posts