4 tips mempersiapkan masa pensiun

(KANALACEH.COM) – Tentunya tujuan Anda bekerja selama ini untuk membuat bekal di hari tua nanti agar Anda bisa menikmati masa pensiun Anda dengan tenang. Ke depan harga kebutuhan akan semakin meningkat, membuat Anda harus pandai mengelola keuangan.

Ditambah sebagai pekerja muda dan baru mendapatkan pekerjaan, pengeluaran Anda akan sangat banyak. Sebaiknya mulai dari sekarang Anda menyisihkan untuk dana pensiun Anda.

Bagaimana caranya? Nah berikut ini adalah tips bagaimana Anda bisa mempersiapkan dana pensiun di masa tua nanti. Berikut ulasannya

1. Mulai dari Sekarang
Mungkin Anda berpendapat menabung untuk tabungan hari tua terlalu dini bagi Anda yang masih berusia muda. Namun tidak ada salahnya menabung sedari muda agar nanti tabungan pensiun Anda sudah terkumpul sehingga Anda tidak usah khawatir nanti.

Bila kesulitan, mintalah bantuan orang terdekat atau orangtua untuk bisa membantu Anda menyimpan tabungan atau mengatur keuangan setiap bulannya minimal ada 3-10% dari penghasilan yang bisa Anda tabung setiap bulannya untuk persiapan dana pensiun.

2. Investasi
Jangan hanya menabung tapi Anda juga perlu untuk berinvestasi. Dengan berinvestasi Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif. Menyisihkan sebagian pendapatan untuk berinvestasi menjadi pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan saat ini.

Anda bisa memilih investasi yang sesuai dengan minat Anda. Yang terpenting investasi tersebut sesuai dengan kemampuan Anda baik untuk masalah modal maupun kesiapan Anda dalam berinvestasi.

3. Rencanakan Anggaran Pengeluaran Bulanan
Buatlah perencanaan anggaran pengeluaran Anda. Hal ini dilakukan agar menghemat pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Rencanakan dan catat setiap pengeluaran yang dilakukan.

4. Dana Darurat
Seorang yang belum berkeluarga setidaknya harus memiliki simpanan dana darurat sebesar tiga kali gaji bulanan. Sedangkan Anda yang sudah berkeluarga, minimal memiliki enam kali lipat gaji bulanan. Dana darurat berfungsi untuk menjadi penyelamat Anda saat kondisi keuangan sedang memburuk.

Lalu tunggu apalagi? Segera persiapkan masa pensiun Anda mulai dari sekarang. Mau Menjadi Kaya Atau Bahkan Lebih Kaya? [Detik]

Related posts