Menunduk sebabkan kulit kendur, Kenapa ?

josstoday.com

(KANALACEH.COM) – Tak bisa dipungkiri seiring berjalannya waktu, kulit akan kendur secara alami. Namun, ternyata gravitasi bumi juga bertanggung jawab membuat kulit menjadi kendur lebih cepat.

 

Kulit yang kendur, biasanya terjadi karena proses penuaan alamiah. Sebab, seiring bertambahnya usia, maka metabolisme di tubuh berubah dan menyebabkan kelembapan kulit menurun.

 

“Saat penuaan, kulit menjadi lebih tipis sehingga pelembap alami di kulit juga berkurang dan semakin lama, elastisitas menurun. Dari situ, kulit menjadi kendur dan muncul garis-garis halus atau kerutan,” ujar Anti Aging Medicine, dr. Febby Karina Panjaitan, di peluncuran Bio-Oil di Watsons, Pondok Indah Mall, Jakarta, Jumat (28/10).

 

Namun, Febby mengakui, ada hal lain yang mempercepat penurunan elastisitas kulit, salah satunya gravitasi. Ternyata, pola perilaku seseorang dalam beraktivitas terkait gravitasi, juga berpengaruh pada kulit yang kendur.

“Saat menunduk, kulit menjadi ditarik ke bawah oleh gravitasi. Dari gravitasi itu, secara alamiah mengakibatkan tarikan pada kulit yang akhirnya sebabkan elastisitas berkurang,” kata Febby.

 

Untuk itu, Febby menjelaskan ragam trik anti penuaan agar kulit menjadi lebih awet muda. Salah satunya dengan teknik mencuci wajah yang sesuai.

 

“Sebaiknya bersihkan wajah secara rutin dua kali sehari. Saat membersihkan, tidak boleh dengan gerakan naik turun tapi dengan gerakan sirkuler. Dengan pola sirkuler itu, akan mencegah kulit menjadi cepat kendur,” kata dia. [Viva]

Related posts