Gubernur nilai kotak amal yang ada di kantor desa itu pungli

Hingga April, tim saber pungli Polda Aceh ungkap 15 kasus pungli
ilustrasi pungli. (merdeka.com)

Semarang (KANALACEH.COM) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, pemberantasan pungutan liar (pungli) di wilayahnya dilakukan secara serius dan terus menerus. Bahkan, jika ada warga yang dimintai sumbangan ‘seikhlasnya’ di kantor kelurahan atau desa juga masuk kategori pungli yang bakal ditertibkan.

“Saya kemarin di sms, ada warga tanya, kalau ada di kelurahan ada kotak amal berisi sumbangan seikhlasnya itu pungli atau tidak? Saya jawab, iya itu pungli,” kata Ganjar, di sela gathering dengan wartawan di Semarang, Senin (31/10).

Menurut dia, pungutan liar sudah terwujudkan ke dalam berbagai bentuk. Namun hingga saat ini, lanjut Ganjar, pungli yang masuk dalam laporannya masih didominasi oleh Kartu Tanda Penduduk (KTP), diikuti pertanahan (BPN), dan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Soal pungli yang ada di kelurahan maupun desa, pria 48 tahun ini meminta kotak amal yang ada di tiap desa dihilangkan.

“Orang yang beramal kan harusnya ikhlas, tetapi kalau di kelurahan nyumbang untuk amal tidak ada yang ikhlas, semua menggerutu,” ujarnya.

Oleh karena itu, Ganjar meminta semua kalangan untuk bisa berpartisipasi dalam memberantas pungli, termasuk pungli di jalanan.

Di sisi lain, satu per satu instansi yang berkaitan langsung dengan pelayanan publik juga terus berbenah, seperti halnya Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

“Samsat saya semuanya sudah berubah. Kami mohon wartawan agar jadi mata rakyat untuk memperbaiki kondisi yang ada,” ucapnya.

“Pungli ini momentum yang ditunggu warga,” tambah mantan anggota DPR RI ini.

Ganjar sendiri sebelumnya sempat memergoki salah satu petugas Samsat di Kota Magelang yang kedapatan melakukan pungli. Kepada petugas, ia meminta agar uang hasil pungli dari warga sebesar Rp 50.000 dikembalikan lagi. Petugas pun dengan gemetar mengembalikan uang pecahan I Gusti Ngurah Rai tersebut. [Kompas]

Related posts