PNS cuti dan pedagang tutup warung demi berangkat demo ke Jakarta

ilustrasi - Barisan Muda Islam menggelar aksi di depan Mapolda Aceh, Kamis (3/11) soal pengusutan penistaan agama yang dilakukan oleh Ahok. (Kanal Aceh/Randi)

Palembang (KANALACEH.COM) – Solidaritas umat muslim Sumatera Selatan bakal berangkat ke Jakarta dan bergabung dengan organisasi keagamaan lain yang turun ke jalan menuntut penuntasan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok). Demi datang ke Jakarta, banyak pegawai negeri sipil (PNS) dan pedagang di Sumsel yang mengajukan cuti dan menutup dagangan.

Ketua Forum Umat Islam (FUI) Sumsel, Umar Said mengatakan, warga Sumsel yang turut berangkat ke Jakarta mayoritas bekerja sebagai pedagang dan pekerja swasta. Banyak juga PNS yang sengaja mengajukan cuti agar bisa menyampaikan aspirasinya di depan Istana Merdeka.

“Kalau pedagang tutup dulu, PNS ambil cuti, yang pekerja swasta alhamdulillah tempat kerjanya mengizinkan,” ujar Umar di Palembang, Kamis (3/11).

Sejak kemarin siang, ratusan umat muslim asal Sumsel mulai berangkat ke Jakarta dengan berbagai moda transportasi. Ada yang menggunakan mobil pribadi, bus, kereta api, hingga pesawat terbang.

“Berangkatnya secara sporadis, kemarin hari ini terus. Tadi pagi rombongan naik pesawat, kalo saya insyaallah besok terbang ke Jakarta,” jelas Umar.

Dari informasi diterimanya, rombongan yang sudah tiba di ibu kota telah berkumpul dan berkoordinasi dengan massa di Jakarta. Sementara yang masih dalam perjalanan tidak mengalami hambatan apapun.

“Alhamdulillah, perjalanan mereka lancar-lancar saja, tidak ada gangguan atau sabotase sejenisnya,” ujarnya. [Merdeka]

Related posts