Klarifikasi pimpinan GAM soal bendera Bulan Bintang di demo 4 November

Pendemo yang membawa spanduk dan bendera Bulan Bintang di Jakarta pada Jumat (4/11). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Polisi menyita bendera bulan bintang yang merupakan simbol perjuangan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dari massa demo bela Islam di Jakarta, Jumat (4/11).

Terkait hal tersebut, Koordinator GAM Swedia, Bakhtiar Abdullah menegaskan pihaknya tidak berkaitan dengan pembawa bendera GAM dan spanduk ancaman pisah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang disita aparat.

“GAM tidak ada sangkut paut dengan oknum yang membawa dan menggunakan bendera bulan bintang tersebut,” kata dalam surat elektronik kepada wartawan.

Bakhtiar mengatakan, sejak 15 Agustus 2005, GAM dan Pemerintah Indonesia sudah mencapai kesepakatan yang tertuang di dalam MoU Helsinki.

GAM tetap komit dengan perdamaian tersebut sehingga tidak ada alasan bagi pihaknya untuk menggunakan bahasa-bahasa ancaman yang memperkeruh suasana politik di Indonesia.

“GAM mendoakan keselamatan untuk semua peserta demonstrasi, sebab itu hak demokrasi rakyat untuk menyampaikan pendapat,” pungkas Bakhtiar yang juga negosiator GAM saat perundingan damai dengan Pemerintah Indonesia. [Okezone]

Related posts