Ini kata Kedubes Turki soal kabar dukungan aksi demo akbar

Massa demonstran 4 November memadati halaman masjid Istiqlal, Jumat (4/11). (Republika)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kedutaan Besar Turki di Jakarta angkat bicara mengeai kabar yang menyebut mereka mendukung aksi demo yang dilakukan sejumlah ormas Islam pada hari ini, Jumat (4/11). Kedubes Turki membantah turut mendukung demonstrasi tersebut.

Melalui pesan singkat kepada wartawan, Duta Besar Turki untuk Indonesia Sander Gurbuz mengatakan, kunjungan ia dan Wakil Menteri Pertahanan Turki ke masjid Istiqlal kemarin bukanlah untuk mendukung aksi demo. Melainkan, itu adalah bagian dari agenda kunjungan Wakil Menhan Turki di Jakarta, yakni mengunjungi Monas dan Istiqlal.

“Wakil Menteri Pertahanan kami yang ada di sini untuk Indo Defence mengunjungi Monas dan Masjid Istiqlal selama tamasya, kemarin. Orang-orang yang melihat bendera Turki di mobil dinasnya meminta foto dengan dia, itu saja,” kata Gurbuz.

Dalam keterangannya, Gurbuz juga menyatakan, ia sangat menyangkan kunjungannya dan Wakil Menhan Turki ke Istiqlal digunakan oleh sejumlah pihak untuk kepentingan mereka.

“Kunjungan kemarin tidak ada hubungannya dengan aksi demonstrasi hari ini. Ini disayangkan, beberapa orang menggunakannya untuk tujuan mereka sendiri,” sambung Gurbuz.

Dalam sejumlah unggahan di media sosial, disebutkan Presiden Turki Tayyip Erdogan melalui Kedubes Turki di Jakarta memberikan dukungan terhadap aksi demonstrasi. Postingan itu disertai dengan foto Gurbuz dan pejabat Turki lainnya dikelilingi para demonstran. [Sindo]

Related posts