Polres Aceh Tamiang musnahkan 12 kg sabu-sabu

Polresta Banda Aceh musnahkan 471,7 gram sabu
Ilustrasi - Pemusnahan narkotika jenis sabu sebanyak 4881,26 gram di Polresta Banda Aceh.(Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Kualasimpang (KANALACEH.COM) – Polres Aceh Tamiang memusnahkan narkotika golongan 1 jenis sabu-sabu seberat 12 kg yang disita dari salah seorang tersangka yang ditangkap pada pertengahan Agustus 2016.

Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Yoga Prasetyo kepada wartawan di Kualasimpang, Sabtu (5/11) menyatakan, pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan Jumat (4/11) pukul 09.30 WIB dengan cara dimasukkan kedalam alat mesin molen yang selanjutnya dicampur pasir, semen dan air kemudian diaduk jadi satu layaknya membuat adonan cor beton.

Sabu-sabu dalam kemasan 1 kg itu dimasukan satu persatu dari moncong molen, yang diawali oleh Plt Bupati Aceh Tamiang, Drs Ali Al Fatah, Kepala BNK Aceh Tamiang AKBP Rinaldi dan Wakapolres Kompol Wahyudi Sabhara, unsur Kodim 0104/Atim, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri dan Dinkes Aceh Tamiang.

Setelah barang haram kristal bening  tersebut diaduk rata dengan material semen dan pasir, selanjutnya dikubur  ke lubang yang sudah disiapkan kemudian ditimbun.

Kapolres Yoga Prasetyo mengatakan, barang bukti sabu-sabu yang dimusnahkan itu merupakan hasil sitaan Polres Aceh Tamiang  dari seorang tersangka SB alias D (38) warga Desa Imbudee, Kecamatan Kuta Alam Blang, Kabupaten Bireuen.

SB berhasil ditangkap saat hendak menyelundupkan sabu-sabu tersebut dari Aceh tujuan Medan Sumatera Utara pada hari Jumat tanggal 12 Agustus 2016.

“Tersangka dibekuk di Dusun Bukit Batu, Desa Halaban, Kecamatan Besitang, Langkat, dalam aksi pengejaran petugas,”  jelas Yoga.

Barang bukti sabu-sabu yang dimusnahkan seluruhnya seberat 12.458,54 gram. Barang haram tersebut merupakan tangkapan terbesar dalam sejarah Polres Aceh Tamiang, dan jika diuangkan nilainya mencapai miliaran rupiah.

Dalam kegiatan pemusnahan  narkoba ini, Kapolres Yoga Prasetyo juga memberikan penghargaan dari Kapolda Aceh kepada 13 personel Polres Aceh Tamiang yang dianggap berprestasi dalam pengungkapan kasus narkoba sepanjang kurun waktu 2015-2016.

Salah satu polisi yang mendapat penghargaan dari Kapolda, yakni Kasat Reskrim, Iptu Ferdian Chandra, S.Sos. [Antara]

Related posts