Ilustrasi penjual ikan. (Antara foto)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Harga ikan segar di sejumlah pasar ikan Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, dalam sepekan terakhir menurun seiring mulai banyaknya pasokan ikan segar di kawasan itu.

Zakaria pedagang ikan segar di pasar pagi Lhokseumawe, Selasa mengatakan, untuk jenis ikan Tongkol harganya saat ini sebesar Rp20 ribu per Kg.

Sementara cumi-cumi Rp30 ribu / Kg dan untuk jenis ikan kecil seperti ikan dencis, pilok dan lain sebagainya harganya juga mulai turun.

AdsPHP Dev Cloud Hosting

Ia menjelaskan, turunnya harga ikan segar tersebut, dipengaruhi oleh mulai banyaknya hasil tangkapan nelayan, terutama untuk jenis ikan tongkol, dencis dan berbagai jenis ikan lainnya dalam sepekan terakhir.

“Hasil tangkapan nelayan dalam seminggu terakhir terlihat banyak meskipun kondisi cuaca dalam keadaan hujan,” katanya.

Ia menyebutkan, jenis ikan yang banyak ditangkap jenis ikan tongkol dan ikan tuna ukuran kecil sehingga ini berdampak pada murahnya harga berbagai jenis ikan lainnya.

“Hasil tangkapan dari pukat darat juga sedang banyak saat ini, terutama untuk jenis ikan-ikan kecil sehingga harganya juga lebih murah dari biasanya,” kata seorang pedagang lainnya. [Antara]

Ads