Korban terseret banjir di Aceh Jaya ditemukan meninggal

Ilustrasi - Kondisi banjir di Aceh Jaya beberapa waktu lalu. (Ist)

Calang (KANALACEH.COM) – Masyarakat berhasil menemukan M Yusuf (63) yang terseret arus banjir di kawasan pemukiman Desa Tanoh Manyang, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, Rabu (9/11).

“Untuk korban hilang di Aceh Jaya ditemukan pukul 08.10 WIB oleh masyarakat kurang lebih 500 meter dari lokasi kejadian dan dilaporkan ke tim SAR untuk evakuasi selanjutnya dibawa ke rumah duka,” kata Koordinator Pos Search and Recue (SAR) Meulaboh Dwi Hetno.

M Yusuf adalah korban yang hilang terseret banjir saat hendak pulang ke rumahnya pada Selasa (8/11) sore. Korban ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia.

Saat itu Basarnas bersama TNI dan Polri sedang berupaya keras mendatangi kawasan-kawasan terisolasi akibat terjangan luapan sungai akibat hujan dua hari berturut-turut.

“Kemudian untuk lima orang warga Aceh Barat yang sebelumnya dilaporkan terseret telah ditemukan selamat. Mereka adalah anak-anak yang terseret saat bermain air. Mereka diselamatkan oleh warga sekitar,” kata Dwi.

Tiga orang anak yang terseret banjir diselamatkan adalah warga Desa Blang Cot Mameh, Kecamatan Woyla Barat, kemudian dua orang lagi adalah warga Desa Pleukung, Kecamatan Woyla Barat, keduanya ditemukan selamat karena berhasil merangkul dan memanjat pohon karet.

Sementara seorang korban lain atas nama Radiono (35) warga Desa Bakat Kecamatan Woyla, Kabupaten Aceh Barat juga telah ditemukan dan telah dipulangkan oleh keluarga ke daerah asal Medan Sumatera Utara.

Sedangkan korban di Aceh Barat tidak masuk laporan ke Pos SAR Meulaboh. Korban meninggal dunia karena memiliki riwayat hidup memiliki gejala epilepsi (penyakit ayan). Korban meninggal dunia di dalam air yang tidak jauh dari lokasi rumahnya.

“Korban terakhir Radiono ini secara resmi belum masuk datanya ke Pos SAR Meulaboh, apalagi begitu ditemukan langsung dievakuasi warga sekitar. Tim kita masih dalam operasi penyelamatan evakuasi warga korban banjir,” katanya menambahkan.

Banjir di Kabupaten Aceh Barat dan Aceh Jaya pada Senin (6/11) hingga hari ini sudah mulai kondusif. Warga yang terjebak banjir berhasil dievakuasi dari lokasi terisolasi oleh Basarnas gabungan.

Jalur lintas Meulaboh-Banda Aceh hanya tersisa beberapa tiitik badan jalan yang masih terendam banjir sudah bisa dilewati kendaraan roda empat. [Antara]

Related posts