FKPPI gelar dialog Akbar pemuda pemudi Aceh

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pengurus Daerah (PD I)  forum komunikasi putra putri purnawirawan dan putra putri TNI-Polri (FKPPI) Aceh melaksanakan Dialog Akbar Pemuda Pemudi Aceh di Auditorium UIN Ar Raniry, Sabtu (12/11).

Dialog Akbar Pemuda Pemudi Aceh kali ini mengambil tema “Dengan Semangat Sumpah Pemuda kita Tingkatkan Kesadaran dan Peran Generasi Muda dalam Menjaga Keutuhan dan Ketahanan Bangsa”. Dialog akbar Pemuda Aceh tersebut dibuka Kepala Kesbangpol Aceh Saidan Nafi mewakili Plt. Gubernur Aceh Mayjen TNI (Purn) Soedarmo.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala KESBANGPOL Aceh Saidan Nafi, Plt Gubernur Aceh menyampaikan bahwa Pemuda merupakan Aset bangsa yang sangat berharga. Hal ini mengingat para pemuda merupakan pelanjut estafet kepemimpinan bangsa dan negara di masa mendatang. Karenanya melalui peringatan Sumpah Pemuda ini seyogyanya para pemuda pemudi Aceh dapat memainkan peranan penting dalam menjaga tetap tegaknya keutuhan dan berkontribusi dalam mendukung ketahanan bangsa Indonesia.

Sementara itu, Kasdam IM, Achmad Daniel Chardinm mengatakan, Indonesia menghadapi banyak ancaman diantaranya masalah konflik antar negara tetangga termasuk klaim Tiongkok atas Laut Cina Selatan. Ancaman lainnya berupa Proxy War yaitu perang yan dilakukan oleh musuh dengan menggunakan peran penganti diantaranya seperti semakin latennya bahwa narkoba, konflik sosial, krisis pangan dan lainnya.

Menurut Jamaluddin (Ketua DPD KNPI Aceh), pemuda merupakan aset dan harapan bangsa. Ketangguhan suatu bangsa sangat ditentukan pada ketangguhan para pemudanya lanjut Jamal. Beliau mengingatkan agar para pemuda pemudi Aceh jangan menjadi “benalu” bagi bangsa dan negara, namun harus dapat menjadi “paku bumi’ sehingga sehingga dapat tetap menjaga keutuhan NKRI dan ketahanan bangsa. [Randi/rel]

Related posts