Plt Gubernur beri waktu dua Minggu untuk selesaikan perencanaan pembangunan tanggul

Ilustrasi - Plt Gubernur Aceh, Soedarmo berjalan melintasi sisa puing rumah yang hancur akibat banjir di Desa Teupin Hasan, Darul Hikmah, Aceh Jaya, Selasa (15/11). (ist)

Aceh Jaya (KANALACEH.COM) – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Mayjen (Purn) TNI Soedarmo, memberi waktu dua minggu kepada Nurman, selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Aceh Jaya untuk membuat perencanaan pembangunan tanggul di Kecamatan Darul Hikmah dan Kecamatan Pasie Raya.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Gubernur, saat meninjau Tanggul Gampong Teupin Hasan Kecamatan Darul Hikmah, yang jebol diterjang banjir beberapa waktu lalu, Selasa (15/11).

“Saya beri waktu dua minggu untuk membuat perencanaan pembangunan tanggul yang jebol diterjang banjir. Harus segera selesai perencanaannya karena akan ada pembahasan lebih lanjut di tingkat provinsi, sehingga dapat masuk dalam anggaran belanja tahun 2017,” tegas Soedarmo.

Gubernur menambahkan, pembangunan tanggul tidak bisa dilaksan setengah-setengah, namun harus segera selesai agar masyarakat tidak merasa was-was jika musim penghujan tiba.

“Jika tanggul segera selesai, kemungkinan terjadinya banjir akan lebih rendah, sehingga potensi kerugian dari sektor perkebunan masyarakat dapat kit tekan. Ada nilai ibadah dalam setiap pekerjaan kita karena tanggul ini akan sangat membantu masyarakat. Oleh karena itu saya himbau Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya bersama Dinas terkait dapat segera merampungkan perencanaan pembangunan tanggul.” kata Soedarmo.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Aceh Jaya menjelaskan kepada Gubernur, bahwa banjir yang terjadi diakibatkan oleh pendangkalan dan belum selesainya proyek pembangunan tanggul di sejumlah sungai di Aceh Jaya.

“Terjadi pendangkalan di beberapa sungai yang meluap Pak. Selain itu proyek pembangunan tanggul belum selesai karena alokasi dana tidak mencukupi,” ujar Kadis PU Aceh Jaya kepada Gubernur Aceh.

“Untuk itu, maka pembangunan tanggul harus segera diselesaikan dalam tahun 2017. Untuk itu pembahasannya harus segera diselesaikan agar bisa kita masukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh tahun 2017 mendatang,” ujar Soedarmo tegas.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga menyerahkan Dana Siap Pakai (DSP) kepada korban banjir Aceh Jaya. DSP yang diserahkan Gubernur berjumlah Rp250 juta, dan diterima langsung oleh Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Maulidi. [Randi/rel]

Related posts