Walaupun banyak aksi demo, Indonesia tetap diminati investor

Jakarta (KANALACEH.COM) – Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaya Kamdani menilai Indonesia memiliki ekonomi yang lebih baik ketimbang negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand. Bahkan, citra Indonesia ini menjadi daya tarik bagi para investor untuk menanamkan modalnya di dalam negeri.

“Untuk investasi, investor melihat bagaimana stabilitas dan kita dianggap cukup stabil dibanding Malaysia dan Thailan karena ekonomi Indonesia juga baik di level 5,2 persen (kuartal III 2016),” ujarnya di Jakarta, Rabu (16/11).

Menurutnya, ketertarikan investor asing terhadap Indonesia lantaran paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah. Untuk itu, para pengusaha mengharapkan aksi demo pada 4 November 2016 lalu tidak kembali terulang.

“Pemerintah tengah mencoba lebih menarik investasi asing dengan paket kebijakan, memberikan kemudahan usaha. Semua upaya dilakukan membuka lebih banyak investor. Diharapkan hal ini (demo) tidak menimbulkan trauma,” ungkapnya.

Kendati demikian, kata Shinta, saat ini belum ada laporan penundaan investasi akibat maraknya demonstrasi di Indonesia. Hanya saja, para investor terus memantau perkembangan situasi di Indonesia hingga akhir tahun ini.

“Mungkin tidak menunda investasi, masih wait and see. Jangan kita lebih ke arah yang menakuti bagi diri sendiri. Ini harus segera diselesaikan, kita mesti lihat keadaan seperti ini bukan hal yang mudah bagi ekonomi,” pungkasnya. [Merdeka]

Related posts