UIN Ar-Raniry adakan kuliah umum soal Syariat Islam

Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry mengelar kuliah umum studi Syariat Islam di Aceh, Rabu (16/11). (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menggelar kuliah umum studi Syariat Islam di Aceh dengan bertemakan ‘Menambah Wawasan Mahasiswa Terhadap Penerapan Syariat Islam di Aceh’ di aula setempat, Rabu (16/11).

Dalam kuliah umum tersebut tersebut juga melakukan MoU antara program studi Perbandingan Agama dengan Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh tentang seminar dan penelitian bidang pembahasan Raqan kerukunan umat beragama di Aceh, bidang penyuluhan dan pengembangan da’i di perbatasan.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Syahrizal Abbas yang selaku narasumber dalam kuliah umum ini menyampaikan tentang isu utama penerapan Syariat Islam di Aceh bahwa prosesnya harus melekat dengan kultur masyarakat Aceh yang religius.

“Keberhasilan penerapan Syariat Islam ke depan membutuhkan kerjasama dengan semua pihak,” katanya.

Maka, sambungnya, mahasiswa Prodi Perbandingan Agama Fakultas Ushulddin dan Filsafat harus ambil bagian dalam pelaksanaan Syariat Islam terutama dalam konstelasi komunikasi dan harmonisasi antar umat beragama.

Sementara Ketua Prodi Perbandingan Agama, Mawardi Juned dalam kegiatan ini juga menyampaikan, mahasiswa Prodi Perbandingan Agama harus memiliki kapasitas keilmuan untuk ambil bagian dalam proses pelaksanaan syariat Islam di Aceh secara Kaffah.

“Mahasiswa juga harus ikut berpartisipasi dalam menjalankan syariat islam, karena mahasiswa sebagai agen of change (agen perubahan),” ujarnya. [Fahzian Aldevan]

Related posts