Jarang olahraga bisa tingkatkan risiko kematian dini

Ilustrasi malas olahraga. (liputan6)

(KANALACEH.COM) – Mau umur panjang? bebas dari risiko penyakit mematikan? Selain konsumsi makanan sehat, rahasia terbebas dari risiko kematian dini adalah dengan rajin olahraga.

Coba simak sejumlah fakta berikut yang akan terjadi jika pada tubuh Anda jika jarang olahraga. Setidaknya ulasan di bawah ini bisa jadi acuan Anda untuk menghindari kemungkinan buruk dan segera jalani pola hidup sehat dengan rajib berolahraga.

Berikut pemaparan selengkapnya seperti dikutip Thelist, Sabtu (19/11/2016).

Susah kontrol emosi

Jarang olahraga dapat mengakibatkan ketidakstablian emosi dan suasana hati. Pasalnya, aktivitas fisik seperti olahraga bermanfaat sebagai terapi kognitif atau bersifat antidepresan dan telah disarankan untuk pengobatan berbagai penyakit.

Penelitian membuktikan bahwa orang yang jarang olahraga memiliki tingkat depresi dan kecemasan lebih tinggi. Olahraga juga punya efek pada neurotransmitter seperti serotonin dan dopamin di otak yang dapat memberi efek bahagia.

Mengakibatkan stres

Stres yang dialami seseorang tak hanya berdampak pada psikis, tapi juga fisik. Mereka yang mengalami stres cenderung ada peningkatan denyut jantung dan ketegangan otot, yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi sehingga berisiko penyaki jantung.

Olahraga secara teratur bermanfaat sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi stres fisik tersebut.

Tulang keropos

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang semakin lemah. Terlebih bagi wanita yang memiliki risiko tulang keropos empat kali lebih tinggi ketimbang pria karena mereka melalui fase menopause.

Untuk mencegah tulang keropos atau osteoporosis, olahraga secara rutin sejak dini sangat membantu dalam pengurangan kekuatan tulang.

Risiko kematian dini

Stres, depresi dan gangguan kesehatan lain terkait dengan kurang aktivitas fisik dapat memicu berbagai komplikasi penyakit. Tak menutup kemungkinan hal tersebut dapat meningkatkan risiko kematian dini.

Kesehatan mental

Banyak hal tak terduga yang dapat terjadi jika tidak pernah olahraga. Termasuk gangguan kesehatan mental. Pasalnya, dari sekian banyak dampak negatif dari kurang aktivitas fisik tak menutup kemungkinan hal itu memicu gangguan kesehatan mental.

Peneliti telah menunjukkan bahwa durasi olahraga yang tepat setidaknya dilakukan selama 150 menit setiap pekan. Manfaatnya baik untuk pikiran, kebugaran fisik, umur panjang dan kesehatan mental. [Okezone]

Related posts