Di Agara, Nasaruddin: penyuluh pertanian puas ketika petani sejahtera

(ist)

Aceh Tenggara (KANALACEH.COM) – Peran penyuluh pertanian sangat menentukan keberhasilan pembangunan pertanian termasuk bidang ketahanan pangan, jika petani sejahtera maka penyuluh pun merasa puas atau bahagia, demikian sebaliknya bila kesejahteraan petani belum optimal karena produksi menurun atau harga jual yang rendah maka penyuluhpun turut merasakan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Wilayah Provinsi Aceh, Nasaruddin ketika bertemu dengan segenap penyuluh pertanian Kabupaten Aceh Tenggara, Sabtu (19/11) di Kutacane

“Penyuluh merasa senang jika kondisi petani sudah sejahtera, tapi tetap jangan jumawa, karena dinamika dalam dunia pertanian selalu berkembang,” ujar Nasaruddin yang saat ini sedang menjalani cuti diluar tanggungan Negara karena telah ditetapkan sebagai Calon Wakil Gubernur Aceh mendampingi Zaini Abdullah pada Pilkada 2017 mendatang.

Agar tujuan penyuluhan pertanian tercapai, Nasaruddin menekankan pentingnya menjiwai pekerjaan dan menciptakan suasana yang menyenangkan ketika bertugas di lapangan.

“Penyuluh itu sama seperti guru, nilai ibadahnya tinggi, termasuk keberhasilan petani sebagai wujud pengabdian juga menjadi bagian amal ibadah bagi penyuluh, karena itu mari terus berupaya untuk memberikan nilai tambah bagi petani,” kata Nasaruddin.

Pertemuan hari itu juga diselingi dialog dengan para penyuluh, salahsatu  hal yang mengemuka adalah kekhawatiran sebagian besar penyuluh pertanian terhadap ketentuan Undang-undang pemerintahan daerah yang tidak mencantumkan secara nyata urusan penyuluhan di daerah.

Menanggapi hal ini, Nasaruddin mengatakan agar setiap penyuluh pertanian untuk tenang dan menerima aturan yang berlaku. Menurutnya Perhiptani Pusat terus berdiplomasi untuk memperjuangkan pentingnya kelembagaan penyuluhan pertanian diakomodir sebagai salah satu urusan yang ada di daerah

Pertemuan yang berlangsung santai dan informal tersebut lebih bersifat temu kangen antara Nasaruddin sebagai senior penyuluh pertanian dihadiri oleh puluhan perwakilan penyuluh pertanian dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara. [Randi/rel]

Related posts