Ribuan laporan ke satgas saber pungli harus direspons cepat

Hingga April, tim saber pungli Polda Aceh ungkap 15 kasus pungli
ilustrasi pungli. (merdeka.com)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Memasuki bulan pertama pembentukan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), sudah ada lebih dari 10 ribu laporan diterima. Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Agus Sunaryanto mengatakan, antusiasme yang besar dari masyarakat harus diikuti respons cepat dari petugas.

“Ada atensi besar dari masyarakat bahwa selama ini mereka dirugikan terkait pungli, kan harus dipetakan mana pungli yang harus direspons cepat dan berdampak agar masyarakat merasa ada efek,” kata Agus di Rumah Makan Gado-Gado Boplo Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (26/11).

Agus pun menegaskan bahwa ribuan laporan tersebut belum seluruhnya ditindak. Penindakan tersebut yang harus menjadi parameter kerja Satgas Saber Pungli, sebab hal inilah yang nantinya menentukan efek jera bagi pelaku.

“Kalau kemudian setahun ke depan tidak ada yang terjerat, ini sudah bisnis as usual, orang jadi tak takut lagi, makanya efek jera penting,” imbuhnya.

Agus juga mengatakan bahwa pembentukan Satgas Saber Pungli jangan sebatas formalitas dan wadah pencitraan semata. Oleh sebab itu, perlu koordinasi antara satgas dan lembaga pengawas internal di kementerian dan lembaga. Supervisi dari Presiden juga menjadi hal yang menentukan efektivitas Satgas Saber Pungli.

“Harus diwaspadai ini jangan sampai hanya sebatas formalitas. ‘Oh sudah bentuk saber’ tapi aksinya tak kelihatan, ini jangan jadi sebuah pencitraan saja. Ini jangan sampai terjadi, makanya koordinasi dan supervisi dari nasional penting,” tukas dia. [Okezone]

Related posts