Hari ini, Pak Raden jadi Doodle Google

Republika

(KANALACEH.COM) – Figur Pak Raden yang dikelilingi para tokoh serial televisi Si Unyil menghiasi ilustrasi laman mesin pencarian Google pada Senin (28/11). Doodle itu dibuat karena bertepatan dengan hari lahir mendiang Pak Raden, pencipta karakter Si Unyil dan kawan-kawan.

Pria bernama lahir Raden Soejadi yang dikenal juga dengan nama Suyadi atau Pak Raden itu lahir pada 28 November 1932 di Jember, Jawa Timur. Ia meninggal pada usia 82 tahun pada 30 Oktober 2015.

Ia terutama dikenal karena menggagas serial televisi Si Unyil dan karakter-karakternya, sekaligus berperan sebagai tokoh Pak Raden. Program yang mengemuka di tahun 1980-an itu sengaja dibuat Suyadi agar terdapat acara mendidik untuk anak-anak Indonesia.

Upaya Suyadi sukses besar yang terbukti dengan popularitas dan dekatnya karakter dan cerita Si Unyil di hati berbagai kalangan usia masyarakat Indonesia. Kini, acara tersebut diformat ulang agar sesuai dengan era tahun 2000-an menjadi Laptop Si Unyil.

Tak hanya itu, lulusan seni rupa Institut Teknologi Bandung tahun 1960 itu juga mengaplikasikan ilmunya dalam berbagai bidang. Salah satunya, Suyadi yang melanjutkan studi animasi ke Prancis pernah didaulat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk menjadi ilustrator buku pelajaran Bahasa Indonesia tingkat sekolah dasar.

Sudah tahu kan, kenapa Pak Raden hari ini jadi doodle di laman Google Indonesia? Yuk, kenang beliau dengan tetap menyimak dan mengenang karya-karyanya untuk bangsa. [Republika]

Related posts