Kesehatan Kodam IM beri penyuluhan HIV-AIDS

(Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kesehatan Kodam Iskandar Muda memberi penyuluhan HIV-AIDS kepada ratusan Personel Kodam Iskandar Muda di Balai Teuku Umar, Makodam IM, Banda Aceh, Kamis (1/12).

Penyuluhan HIV-AIDS tersebut mengangkat tema ‘Mari Kita Berubah, Masa Depan Gemilang Tanpa Penularan HIV’.

Penyuluhan yang disampaikan oleh Mayor Ckm Dr. Arvianto itu menghadirikan narasumber dari KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Provinsi Aceh, Zulfendi.

Zulfendi dalam materinya mengatakan HIV dapat menular dengan hubungan seksual melalui anus, vagina/lubang senggama atau mulut dengan pengidap HIV/AIDS yang tidak terlindung (tanpa kondom).

Selain itu, melalui transfusi darah yang berasal dari pengidap HIV atau penggunaan jarum suntik secara bergantian, dan melalui ibu hamil pengidap HIV kepada bayi yang dikandungnya, yang dapat terjadi pada proses melahirkan atau waktu menyusui.

Lanjutn Zulfendi, ada beberapa cara untuk menghindari penyakit itu, yakni gunakanlah kondom saat berhubungan seksual, selain itu gunakan rumus ABCD yakni, Abstinence (jauhi sex), Be faithful (bersikaplah saling setia pada satu pasangan), dan jangan sekali-kali memakai narkoba, apalagi dengan cara menyuntik. [Aidil/rel]

Related posts