Dihempas ombak, rumah nelayan hancur di Lhokseumawe

Ilustrasi rumah diterjang ombak. (metrobali.com)

Lhokseumawe (KANALACEH.COM) – Rumah dan perahu nelayan di Kota Lhokseumawe hancur berantakan setelah dihantam ombak tinggi yang terjadi dalam dua hari terakhir.

Pantauan di lokasi tepatnya di kawasan Kampung Jawa Lama, Kecamatan Banda Sakti, Minggu (4/12), ombak tinggi terus menghantam batuan penahan ombak yang ada di sepanjang pesisir pantai tersebut.

Menurut beberapa warga, hempasan ombak yang menghantam pemukiman warga telah merusakkan satu unit rumah warga dan satu unit balai pengajian serta satu unit balai nelayan.

“Tadi malam, saat ombak besar telah menghantam rumah dan dua balai, sehingga rusak parah dan hanya menyisakan puing-puing kayu dan tapaknya saja,” ungkap Nurdin warga setempat.

Lebih kanjut ungkapnya lagi, bukan hanya bangunan rumah dan balai pengajian saja yang dihantam oleh ombak besar, tapi dua unit boat pukat nelayan juga hancur dihantam ombak serta dua unit jaring pukat darat juga rusak berat.

“Yang saya tahu, dua unit perahu pukat pecah menjadi dua, karena dihantam oleh ombak tinggi semalam. Satu unit di Desa Hagu dan satu lagi disini,” ungkap Nurdin sambil menuju kearah perahu yang patah dua dihantam ombak.

Sebutnya, setiap bulan Desember, kondisi ombak di laut umumnya lebih tinggi dari biasanya.

Akan tetapi, pada Desember tahun ini, ketinggian ombak lebih dari biasanya, karena selain musim hujan juga diikuti oleh angin kencang.

Melihat kondisi tersebut, warga sangat mengharapkan perhatian dari pemerintah daerah, agar dapat memperhatikan kondisi dimaksud dan melakukan langkah antipatif sehingga tidak sampai bertambah kerugian harta benda dan juga mencegah terjadinya korban jiwa. [Antara]

Related posts