bola.com
--Ads--
loading...

Hanoi (KANALACEH.COM) – Media di Vietnam mulai memberikan teror kepada timnas Indonesia. Salah satunya media lokal Bong Da yang menulis jika striker tajam Vietnam, Lee Cong Vinh bisa menjadi penentu kemenangan tim berjuluk Golden Stars ini atas Indonesia.

Bahkan Bong Da lewat jurnalis asingnya, John Duerden menilai Cong Vinh kelak bisa lewati rekor Lionel Messi di timnas jika terus bermain.

Sejauh ini, striker berusia 30 tahun itu sudah mencetak 51 gol dari 84 laga untuk Vietnam. Sedangkan Messi sudah cetak 57 gol dari 116 laga bersama Argentina.

Ads

“2 gol di babak penyisihan grup Piala AFF jadi bukti tajamnya Cong Vinh bersama Vietnam. Jika bisa cetak 6 gol lagi, Cong Vinh bisa lewati Messi,” kata Duerden.

Dia mengatakan, timnas Indonesia biasanya kesulitan menghadapi tim dengan striker tajam. Dia mencontohkan hancurnya timnas Indonesia kala menghadapi Thailand yang punya striker haus gol, Teerasil Dangda.

Pada Liga Champions musim ini, Lionel Messi masih unggul dari sisi statistik. Catatan sementara, Sang Messiah mengoleksi 6 gol dan 2 assist, sedang Ronaldo baru mengemas 2 gol dan 2 assist. (AFP/Pau Barrena)

Disebutkan pula, Vietnam bisa memanfaatkan variasi serangan saat melawan timnas Indonesia. Ini disebut Duerden menjadi salah satu kunci permainan tim asuhan Nguyen Huu Thang.

“Anda bisa saja mengunci Cong Vinh, tapi masih ada Trong Hoang dan Xuan Truong. Banyak pemain yang bisa menyulitkan timnas Indonesia,” ujarnya.

Meski demikian, dia menyoroti mudahnya mental pemain Vietnam turun saat tertekan. Ini bisa jadi bumerang kala melawan timnas Indonesia. “Ingat dua tahun lalu, mereka bisa menang di Malaysia tapi malah gagal ketika tampil di kandang,” katanya. [Liputan6]

Ads