Bernard Cazeneuve resmi jadi PM baru Perancis

Bernard Cazeneuve. (AP)

Paris (KANALACEH.COM) – Menteri Dalam Negeri Perancis Bernard Cazeneuve resmi ditunjuk sebagai perdana menteri untuk menggantikan Manuel Valls yang mengundurkan diri Selasa (6/12).

Presiden Francois Hollande memilih Cazeneuve untuk mengisi jabatan tersebut setelah Valls memilih untuk meletakkan jabatan agar bisa fokus pada rencananya untuk maju dalam Pilres Perancis tahun depan.

Valls akan mengikuti nominasi Partai Sosialis dalam pemilihan presiden tahun depan untuk menggantikan Hollande, yang pekan lalu mengumumkan dalam pidato televisi bahwa ia tidak akan ikut bersaing untuk masa jabatan kedua.

Sebagai Mendagri Perancis, Cazeneuve, telah berada di garis depan berbagai respon pemerintah terhadap serangkaian serangan ekstrimis Islam di negara itu.

Termasuk serangan teroris yang telah menewaskan lebih dari 200 orang dalam dua tahun terakhir, dan yang paling besar di antaranya adalah serangan di Paris tahun lalu yang menewaskan 132 orang.

Jika Valls menang dalam pemilihan pendahuluan Partai Sosialis pada Januari 2017, ia akan bersaing melawan Francois Fillon (62).

Fillon adalah mantan PM Perancis yang memastikan kemenangan gemilang pekan lalu untuk menjadi calon presiden dari Partai Republik berhaluan kanan-tengah.

Pemilihan presiden Perancis berlangsung dalam dua putaran pada April dan Mei tahun depan. [Kompas]

Related posts