BNPB ralat data, korban meninggal dampak gempa 100 orang

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. (Antara)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperbaikan data korban gempa di Aceh. Korban meninggal yang sebelumnya disebutkan 102 orang, diralat menjadi 100 orang.

“Setelah kami lakukan pendataan dengan baik, korban meninggal saat ini ada 100 orang,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantor BNPB, Jalan Pramuka Raya, Jakarta Timur, Jumat (9/12).

Menurut Sutopo, dalam data kemarin, ada nama yang sempat tercatat dua kali. Untuk menghindari kesalahan data, koordinasi dilakukan di posko terpadu di Kabupaten Pidie Jaya.

Sutopo mengatakan, korban meninggal merupakan warga di Pidie Jaya 96 orang, warga di Bireun dua orang, dan warga di Pidie dua orang. Korban di Pidie Jaya baru 88 yang teridentifikasi. Sedangkan korban di Bireun dan Pidie seluruhnya sudah teridentifikasi.

Sutopo mengatakan, pembaruan data korban bencana hal wajar. Sebab, bisa saja tim penanggulangan bencana di lokasi kejadian kesulitan mendata, karena korban di beberapa tempat.

“Sehingga setelah dilakukan verifikasi, analisis mendalam, kami sampaikan korban meninggal 100 orang,” ujar Sutopo. [Metrotvnews]

Related posts